KONSEP KARYA TULIS ILMIAH - Pengertian Karakteristik dan Jenis Karya Tulis Ilmiah

konsep Karya tulis ilmiah merupakan laporan tertulis yang diterbitkan dan mempresentasikan hasil penelitian atau pengkajian dengan memenuhi
Konsep Karya Tulis Ilmiah
Konsep Karya Tulis Ilmiah 

Karya tulis ilmiah merupakan laporan tertulis yang diterbitkan dan mempresentasikan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seorang atau tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Data, simpulan dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian berikutnya.

Karakteristik karya tulis ilmiah

  • Mengacu pada teori sebagai landasan berfikir ( kerangka pemikiran) dalam pembahasan masalah
  • Lugas ( tidak memunculkan interpretasi lain )
  • Logis ( benar menurut logika atau penalaran serta masuk akal)
  • Efektif ( padat dan ringkas)
  • Efisien ( menggunakan kalimat atau kata penting dan mudah dipahami)
  • Objektif berlandaskan fakta
  • Sistematis

Jenis jenis karya tulis ilmiah

Artikel 

artikel merupakan karya tulis ilmiah yang berisi pendapat yang subjektif dimana dalam penulisannya menulis tentang suatu peristiwa atau masalah. Artikel sendiri dibuat atau dirancang untuk dimuat kedalam jurnal atau buku berisi artikel.

Makalah 

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang memaparkan sebuah masalah dimana dalam penyelesaiannya mengandalkan bermacam macam data yang ada di lapangan. Makalah sendiri bersifat empiris serta objektif. Dalam mempresentasikannya umumnya makalah dipresentasikan dalam suatu kegiatan seminar.

Skripsi 

Skripsi merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang umumnya dibuat oleh mahasiswa semester akhir untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat pendapat penulis dengan mengacu atau berlandaskan teori yang ada sebelumnya.

Paper

Paper merupakan istilah khusus untuk makalah. Sistematika penulisannya juga sama dengan artikel dan makalah, perbedaannya tergantung pada panduan atau ketentuan yang berlaku di instansi masing-masing yang bersangkutan.

Semoga Bermanfaat bagi Kalian Terimakasih !!




About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.