Mengenal Konsep Wilayah yang Harus Kamu Tau

pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang konsep wilayah yang mungkin kamu belum tau sebelumnya.
Konsep Wilayah
Konsep Wilayah
Wilayah adalah area geografis atau wilayah tertentu yang memiliki batas-batas tertentu dan ciri-ciri khusus. Wilayah dapat mencakup negara, provinsi, kota, desa, atau area lainnya yang memiliki identitas geografis atau politik yang berbeda. Wilayah juga dapat dibagi menjadi beberapa kategori, seperti wilayah geografis, wilayah administratif, atau wilayah budaya. Untuk pembahasan lebih lengkapnya yakni sebagai berikut ini.

Pengertian Wilayah Secara Umun dan Menurut Para Ahli

Wilayah merupakan konsep, dimana wilayah digunakan untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi daerah atau area tertentu di muka bumi untuk berbagai tujuan. Suatu wilayah memiliki Karakteristik tertentu yang memberikan ukuran-ukuran perbedaan dan persamaan dengan wilayah lain. Contohnya perbedaan wilayah pesisir dan pedalaman. Dan berikut konsep Wilayah (region) atau pengertian wilayah menurut beberapa ahli sebagai berikut.

Hertson mengatakan bahwa Wilayah merupakan kompleks tanah, air, udara, tumbuhan, hewan, dan manusia dengan hubungan khusus sebagai kebersamaan yang kelangsungannya mempunyai karakter khusus dari permukaan bumi.

Fannemar mengatakan bahwa Wilayah merupakan area yang dikelompokkan melalui kenampakan permukaan yang sama dan dikontraskan dengan area sekitarnya.

Taylor mengatakan bahwa Wilayah mendefinisikan bagian dari permukaan bumi yang berbeda dan ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dari lainnya.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, menyebutkan bahwa wilayah merupakan ruang yang dimana kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait didalamnya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/aspek fungsional.

Dari pengertian para ahli tersebut, bisa kita simpulkan bahwa wilayah merupakan area atau daerah di permukaan bumi yang mana dibatasi oleh kenampakan tertentu yang memiliki sifat khas dan sebagai pembeda antara wilayah tersebut dari wilayah lainnya. Misalnya, wilayah pertanian berbeda dengan wilayah hutan dan wilayah pedesaan berbeda dengan wilayah perkotaan.

Wilayah formal dan fungsional

Secara umum, konsep wilayah bisa ditinjau dari beberapa aspek. Dalam ilmu geografi, wilayah dibedakan menjadi dua macam, yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional.

  • Wilayah formal

Wilayah formal atau wilayah uniform, yakni suatu wilayah yang dimana wilayah ini terbentuk karena adanya kesamaan kenampakan atau homogenitas, semisal kenampakan kesamaan dalam hal iklim,tanah,vegetasi, bentuk lahan, fisik muka bumi, penggunaan lahan yang terdapat dalam wilayah tersebut, baik secara gabungan maupun berupa pisahan dari berbagai aspek. Karena itu, wilayah yang demikian, memiliki bentuk-bentuk kenampakan penggunaan lahan dengan pola umum dari aktivitas industri, pertanian, permukiman, perkebunan, dan bentuk-bentuk penggunaan lahan lain yang relatif tetap. Oleh karena itu, wilayah formal lebih bersifat statis. Misalnya, lembah sungai yang dicirikan oleh daerah alirannya, di kota besar daerah CBD (Central Business District), zone permukiman, zone pinggiran kota juga merupakan wilayah formal.

  • Wilayah fungsional

Wilayah fungsional merupakan suatu wilayah yang dicirikan oleh adanya kegiatan yang saling berhubungan satu sama lain antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional. Misalnya, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang secara fisik memiliki kondisi yang berbeda (heterogen), namun secara fungsional saling berhubungan dalam mémenuhi kebutuhan hidup penduduk di setiap wilayah. Hubungan antara pusat kegiatan umumnya dicirikan dengan adanya arus transportasi dan komunikasi menunjang pertumbuhan dan perkembangan dari setiap wilayah tersebut.

awalnya perkembangan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi adalah kota-kota yang tidak berhubungan satu sama lain dan tidak saling berkaitan. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan kota Jakarta, kota di sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang, Depok, dan Bogor menjadi wilayah yang berkaitan satu sama lain dan penyangga bagi pertumbuhan dan perkembangan kota Jakarta atau kita bisa sebut JABODETABEK.

Perwilayahan secara geografi

Pewilayahan di setiap negara berbeda-beda karena memiliki karakteristik yang tidak sama. Di Indonesia sendiri perwilayahan dilandaskan pada sumber daya yang terdapat pada masing-masing daerah. Dengan demikian pembangunan bisa direncanakan dengan baik, sehingga pembangunan bisa merata di semua wilayah. Adapun tujuan pewilayahan, sebagai berikut.

  • Guna memeratakan pembangunan di seluruh wilayah, dimana ini bisa mengurangi kesenjangan antara wilayah.
  • Memperlancar pengkoordinasian berbagai macam program pembangunan pada tiap daerah.
  • Mempermudah sosialisasi berbagai program pembangunan kepada masyarakat dan aparatur pemerintah serta para pengusaha.
  • Secara garis besar, perwilayahan dilakukan dengan dua cara, yaitu regional generalization (generalisasi wilayah) dan regional classification (klasifikasi wilayah).

Generalisasi wilayah Info Khusus

Generalisasi wilayah adalah proses dimana permukaan bumi dibagi atau di petakkan menjadi beberapa bagian. Generalisasi dilaksanakan dengan menyeragamkan beberapa unsur, dimana ini akan menyebabkan hilangnya beberapa faktor, yang dimana faktor ini dianggap kurang penting atau kurang sesuai dengan tujuan generalisasi. Hal ini ditujukan untuk menampakkan karakter-karakter tertentu yang ingin ditonjolkan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam generalisasi wilayah adalah skala peta yang digunakan dan tujuannya. Dimana jika skala yang digunakan dalam melakukan generalisasi semakin besar, maka semakin kecil generalisasi wilayah yang dilakukan. Dan jika skala yang digunakan semakin kecil maka semakin besar generalisasinya. Selain skala generalisasi wilayah juga dipengaruhi oleh tujuan pewilayahan. Untuk tujuan menggunakan data yang tidak terlalu detail, maka generalisasi yang dilakukan lebih kecil. Namun untuk data - data untuk melakukan generalisasi yang lebih spesifik, maka generalisasinya lebih besar. Perbedaan - perbedaan tersebut umumnya dipengaruhi oleh berbagai kenampakan yang terdapat pada wilayah tersebut.

Klasifikasi wilayah

Klasifikasi wilayah adalah upaya mengelompokkan wilayah secara sistematis menjadi beberapa bagian tertentu. Adapun pengelompokan atau klasifikasi wilayahnya sebagai berikut.

  • Core region 

yaitu inti wilayah yang biasanya berupa daerah metropolitan yang terdiri atas dua atau lebih kota-kota yang berkelompok. Contoh: Kota Jakarta.

  • Development axes 

Development axes (poros pembangunan), yaitu daerah yang menghubungkan dua atau lebih core region. Biasanya berupa jalur memanjang di koridor transportasi. Contoh Jalur transportasi yang menghubungkan Solo,Yogyakarta dan Semarang

  • Resource frontier region,

Resource frontier region, yaitu suatu wilayah dimana wilayah tersebut merupakan wilayah baru yang mulai berkembang dan nantinya wilayah tersebut akan menjadi wilayah atau daerah yang produktif. Daerah ini umumnya terletak jauh dari core region atau inti wilayah Contoh: daerah transmigrasi, kawasan industri, daerah perkebunan, dan sebagainya

  • Depressed region

Depressed region atau daerah tertekan, yaitu suatu daerah yang mengalami penurunan tingkat ekonominya dan daerahnya sulit untuk berkembang. Daerah ini umumnya tertekan secara ekonomi dan sosial, sehingga daerah tersebut cenderung menjadi daerah yang tertinggal dibandingkan dengan daerah lain disekitarnya.

  • Special problem region,

Special problem region merupakan daerah yang dimana daerah tersebut terletak pada lokasi khusus dengan karakteristik tertentu. contoh daerah cagar purbakala, daerah perbatasan, perumahan militer, dan lain sebagainya.



Terimakasih Semoga Bermanfaat !!!!!!

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.