RELIF DASAR LAUT - Pengertian Relief Dasar Laut dan Pembeda Relief Dasar Laut

Bentuk permukaan dasar laut itu bervariasi ini dikarenakan adanya peristiwa atau fenomena alam yang mana peristiwa tersebut yakni terjadinya pengangka
RELIF DASAR LAUT
RELIF DASAR LAUT

Bentuk permukaan dasar laut itu bervariasi ini dikarenakan adanya peristiwa atau fenomena alam yang mana peristiwa tersebut yakni terjadinya pengangkatan dan penurunan kulit bumi. 

Relief dasar laut dibedakan sebagai berikut.

  • Paparan Benua 

Paparan Benua merupakan dasar laut yang memiliki dasar yang landai terhampar di tepi benua dengan kedalaman rata-rata mencapai 200 m. penyebab Paparan ini terbentuk karena penggabungan proses erosi marin dan sedimentasi yang ini disebabkan oleh gelombang air laut. Contohnya Paparan Sahul di tepi Benua Australia dan Paparan Sunda di tepi Benua Asia.

  • The Deep

The Deep merupakan dasar laut yang mana dasar laut ini menjorok ke bawah sehingga letaknya lebih rendah dari daerah sekitarnya. Kedalaman the deep mencapai ribuan meter. Berdasarkan bentuknya, the deep dibedakan-menjadi dua macam, yaitu : Basin (ledok laut atau lubuk laut) merupakan dasar laut yang mana dasar laut tersebut berbentuk cekungan. Potongan melintangnya berbentuk huruf U Karena memiliki tebing yang curam dan dasar yang mendatar dengan kedalaman mencapai 5.000m; misalnya Ledok Sulu, Ledok Sulawesi dan Ledok Banda. Palung laut merupakan dasar laut yang paling terdalam, tepinya terjal dan sempit, memiliki kedalaman mencapai lebih dari 5.000 m. Bentuk dari palung sendiri berbentuk memanjang dan memiliki lengkungan atau potongan melintangnya seperti huruf V contohnya sendiri seperti Palung Mindanau di Filipina dan palung laut di sebelah barat Pulau Sumatra.

  • Gunung laut 

Gunung Laut merupakan gunung yang berada di dasar laut dan muncul dari dasar laut; sebagai contoh Gunung Krakatau di selat sunda.

  • Punggung laut 

Punggung Laut merupakan deretan atau barisan pegunungan dasar laut yang mana puncaknya tidak timbul atau mencapai permukaan laut, disebut juga sebagai ambang laut; contoh Ambang Sulawesi yang berada di antara cekungan Sulawesi dan Samudra Pasifik.

  • Atol 

Atol merupakan terumbu karang yang sebagian terendam air laut atau umumnya terlihat seperti daratan yang membentuk lingkaran, dengan laguna ditengahnya dan terdapat pulau-pulau rendah di sekeliling laguna besar yang berbentuk gelang atau cincin.


begitulah pembahasan mengenai relif dasar laut semoga bermanfaat terimakasih !!!

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.