Pengertian Tektonisme dan Macam Gerak Tektonisme

Tektonisme atau yang dikenal dengan diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen. Pengertian dari tektonisme adalah suatu gejala perub

Mengenal Tektonisme

Dalam kekuatan endogen, ada apa yang disebut konstruktivisme. Tahukah Anda apa itu tektonisme? Bagaimana proses terjadinya gerakan tektonik? Bagi anda yang belum mengetahui apa itu tektonik, mungkin bisa menyimak penjelasan tentang pengertian tektonik. Melalui menyimak menjelaskan pengertian konstruksi, semoga teman-teman dapat memahami makna konstruksi. Selain membahas pengertian tektonisme, disini kami juga akan menjelaskan macam-macam tektonisme. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Tektonisme
Tektonisme


Pengertian Tektonisme

Tektonisme atau yang dikenal dengan diastropisme merupakan salah satu bagian dari tenaga endogen. Pengertian dari tektonisme adalah suatu gejala perubahan atau pergerakan kerak bumi dalam skala yang luas. Yang termasuk dalam gejala tektonisme yaitu patahan dan lipatan. Menurut teori tektonik lempeng, kerakbumi dikelompokan menjadi beberapa lempeng yang bergerak satu dengan lain, tetapi gerakan tersebut begitu lambat.

Akibat dari gerakan-gerakan tersebut, lempeng-lempeng tersebut dapat mengalami suatu perubahan-perubahan bentuk, misalkan menjadi lipatan-lipatan atau bergelombang maupun akhirnya bagian tertentu dari lempeng yang patah. Lipatan dapat terjadi karena adanya suatu gerakan yang lambat, namun secara terus menerus. Sedangkan patahan dapat terjadi karena adanya gerakan yang cepat dan secara tiba-tiba.

Macam macam Tektonisme

Jelaskan macam macam tektonisme? Seperti apa macam macam proses tektonisme? Nah berikut ini adalah macam macam gerak tektonisme dan penjelasannya.
  • Epirogenesa adalah suatu gerak yang membentuk benua dengan kecepatan gerak yang sangat lambat yang tidak kita sadari.
  • Orogenesa adalah suatu gerak yang membentuk patahan dan juga lipatan dalam kurun waktu yang begitu cepat dan luas pergerakannya (daerah) lebih sempit dibanding dengan epirogenesa.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian tektonisme dan macam gerak tektonisme. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.

Terimakasih Semoga Bermanfaat !!!


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.