Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

Tanah merupakan suatu benda alami yang heterogen yang terdiri dari komponen - komponen padat, cair dan gas yang mempunyai sifat dinamis. Faktor

faktor - faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah
Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

Pengertian Tanah

Tanah merupakan suatu benda alami yang heterogen yang terdiri dari komponen - komponen padat, cair dan gas yang mempunyai sifat dinamis. 


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah


1. Faktor iklim


Faktor iklim yang berupa curah hujan dan temperatur merupakan faktor yang sangat penting dalam proses pembentukan tanah. Tingkat curah hujan dan suhu yang tinggi di daerah tropis menyebabkan reaksi kimia berjalan dengan cepat sehingga proses pelapukan dan pencucian berjalan cepat. Akibatnya banyak tanah di Indonesia bagian barat mengalami pelapukan lanjut, rendah kadar unsur hara, dan pH tanah asam. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian timur yang kering, pencucian tanah tidak berjalan intensif sehingga pH tanahnya basa.


2. Organisme.


organisme. Peranan organisme dalam proses pembentukan tanah sangat besar. Akumulasi bahan organisme, siklus unsur hara, dan pembentukan struktur tanah yang stabil sangat dipengaruhi oleh kegiatan organisme dalam tanah. Di samping itu, unsur nitrogen dalam tanah dapat diikat oleh mikroorganisme. baik yang hidup sendiri di dalam tanah maupun yang bersimbiosis dengan tanaman.


3. Bahan Induk


Bahan Induk. Jenis batuan yang merupakan bahan induk pembentuk tanah meliputi batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Pengaruh Topografi dalam Pembentukan Tanah

Faktor topografi berpengaruh terhadap proses pembentukan tanah dengan cara berikut.
  1. Memengaruhi jumlah air hujan yang meresap.

  2. Memengaruhi dalamnya air tanah.

  3. Mempengaruhi tinggi-rendahnya erosi.

  4. Mengarahkan gerakan air berikut bahan-bahan yang terlarut di dalamnya.


Sifat-sifat tanah yang berhubungan dengan topografi antara lain,

  1. tebal solum,

  2. kandungan bahan organik dalam horizon A,

  3. kandungan air tanah,

  4. warna tanah,

  5. tingkat perkembangan horizon,

  6. reaksi pH tanah, dan

  7. kandungan garam yang mudah larut dalam tanah.


Tanah merupakan benda alam yang terus-menerus berubah. Akibat pelapukan dan pencucian tanah yang terus-menerus maka tanah makin tua. Karena proses pembentukan tanah yang terus berjalan, maka bahan induk tanah berubah menjadi tanah muda, tanah dewasa, dan tanah tua.

Terimakasih Semoga bermanfaat !!

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.