Berikut Merupakan Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar

Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kalimat negatif/menolak dalam pembelajaran bahasa Indonesia beserta contoh ilustrasinya. Semoga

Berikut Merupakan  Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar 

Ngehuleng.my.id - Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kalimat negatif/menolak dalam pembelajaran bahasa Indonesia beserta contoh ilustrasinya. Semoga dokumen yang admin bagikan kali ini dapat membantu para pelajar khususnya yang sedang mencari referensi kalimat negatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan dapat memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran siswa khususnya kalimat bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga apa yang anda pelajari hari ini dapat menjadikan anda siswa yang berprestasi.

Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh kalimat negatif Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar | Bahasa Indonesia SMP
Pengertian dan Contoh Kalimat Negatif atau Ingkar 


Perhatikan kutipan berikut ini!


"Meskipun begitu, Wawan mengaku meski haknya namun tidak akan melakukan Introgasi khusus kepada penumpang kereta api walaupun penumpang tersebut berasal dari luar negeri".

Kata "tidak" pada Teks kutipan wacana di atas menunjukan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat negatif atau kalimat ingkar. Kata "tidak" disebut sebagai kata ingkar. Jenis kata ingkar sendiri ada dua. Untuk lebih memahami kedua kata ingkar tersebut perhatikan dialog berikut ini.

Wawan : Mir, bagaimana pekerjaan rumahmu apakah Sudah? Selesai?

Amir : Haaaah Selesai? Saya bahkan tidak sempat mengerjakan tugas itu

Wawan: Bagaimana mungkin itu terjadi. Selama ini kamu selalu tepat waktu dan rajin mengerjakan tugas sekolah dengan baik

Amir : Begitulah... Saya harus berobat ke dokter kemudian  membeli obat dan menunggunya sampai malam

Wawan : Mir... Memangnya kamu sakit apa?

Amir Bukan aku yang sakit, melainkan ibu ku. Saya sampai rumah sudah malam dan harus merawat ibu

Wawan : Jika demikian, supaya kamu tidak dihukum oleh guru, kamu salin saja Tugas ku

Amir : Ah.. Wawan Nih!, jangan Memerintah ku berbuat tidak jujur. Maafkan aku dengan penolakanku ini aku tau kamu bermaksud baik namun saya menolaknya 

Wawan : Maafkan juga aku yang sedang khilaf ini!, aku tak tau aku hanya ingin menolongmu supaya pada saat sekolah nanti kamu tidak di hukum guru 

Kata-kata yang bercetak miring dan tebal Merupakan kata ingkar atau disebut juga kata negatif. Suatu kalimat yang mana terdapat kata ingkar disebut sebagai kalimat ingkar. Kalimat ingkar merupakan kalimat yang mengungkapkan pertentangan isi atau pengingkaran terhadap isi suatu kalimat. Dalam bahasa Indonesia terdapat dua kata ingkar tidak (tak), bukan.

Kata ingkar bukan digunakan untuk mengingkari kata benda dan kata sifat, sedangkan kata ingkar tidak digunakan untuk kata kerja.

Perhatikan contoh berikut ini!

Surti : Min anjir, kamu mengambil penggarisku, ya!

Minah : Enak saja, saya tidak mengambilnya, jangan asal ngebacot!.

Surti : Lalu Itu, penggaris siapa?

Minah : Ini, bukan milikmu, melainkan milik Tini, ngaku ngaku punya mu, memangnya yang punya penggaris kamu doang njir!.

Surti : Maaf, Min! Saya tidak menuduhmu, saya hanya bertanya!. 

Minah : bacot!

Dalam kedua contoh, ada kata  tidak dan tidak. Anda bisa membedakan menggunakan disclaimer dan tidak. Menolak tidak diikuti oleh kata kerja. Tidak ada contoh, tidak ada tuduhan, tidak ada mandi, tidak ada permainan. Deny tidak diikuti oleh kata benda. Misalnya, bukan milikmu, bukan milikku, dan bukan hantu.

Berikut yang bisa admin bagikan tentang makna dan  negatif dalam belajar bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan  bermanfaat untuk proses pembelajaran para siswa di sekolah khususnya  pembelajaran kalimat dalam  bahasa Indonesia. Semoga sukses dengan studi Anda. Semoga membantu, dan terima kasih.

Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Pengertian 10 Konsep Geografi Beserta  Contohnya

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.