Pengertian Fungsi dan Tujuan Akuntansi Serta Manfaatnya

Memahami tujuan, fungsi akuntansi dan manfaatnya - Apa itu akuntansi? Bagi Anda yang suka mencatat pembelian, seperti menghabiskan uang sehari untuk


Memahami tujuan, fungsi akuntansi dan manfaatnya - Apa itu akuntansi? Bagi Anda yang suka mencatat pembelian, seperti menghabiskan uang sehari untuk apa saja, berapa banyak yang tersisa, dan berapa banyak utang Anda, secara tidak langsung Anda melakukan apa yang dimaksud dengan akuntansi. Tapi bisakah Anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan akuntansi? Bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang akuntansi. Maka disini kami akan menjelaskan pengertian akuntansi secara detail. Di sini, selain mengacu pada konsep akuntansi secara umum, juga mengacu pada konsep akuntansi menurut para ahli. Selain itu, untuk lebih memahami pengertian akuntansi, kami juga menyertakan penjelasan tentang tujuan akuntansi, fungsi akuntansi, manfaat akuntansi, dan kegiatan yang dilakukan dalam proses akuntansi.

Pengertian tujuan dan fungsi akuntansi serta manfaatnya Pengertian Tujuan dan Fungsi Akuntansi serta Manfaatnya
Akuntansi 

Pengertian Akuntansi

Akuntansi dapat dipahami sebagai proses pencatatan atau penggabungan, pengklasifikasian, pengolahan dan penyajian data transaksi serta berbagai kegiatan yang berkaitan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi, seseorang akan lebih mudah dalam mengambil  keputusan dan tujuan lainnya. 
 
Atau mendefinisikan akuntansi sebagai proses mengidentifikasi, menggabungkan, merekam, mensintesis dan melaporkan data keuangan suatu organisasi, sehingga  mereka yang melakukan pekerjaan dapat memfasilitasi pengambilan keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang memperdebatkan pengertian akuntansi. Berikut  adalah pengertian akuntan menurut para ahli.

Akuntansi Menurut Littleton

Akuntansi adalah suatu kegiatan yang tujuannya untuk melakukan perhitungan secara periodik antara biaya (usaha) dan hasil (results). Definisi ini merupakan inti dari teori akuntansi dan menjadi acuan yang digunakan sebagai acuan dalam kajian ilmu akuntansi.

Pengertian Akuntansi Menurut Charles T Horngren

Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang dapat mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada  pengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Rudianto

Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menghasilkan laporan bagi pihak-pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

Pengertian Akuntansi Menurut Warren dkk

Definisi akuntansi menurut Carls Warren et al. adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan bagi pihak yang berkepentingan tentang kegiatan ekonomi dan kondisi bisnis.

Pengertian Akuntansi Menurut Arnold

Jelaskan definisi akuntansi menurut Arnold? Akuntansi adalah suatu sistem yang dirancang untuk memberikan  informasi (terutama  keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan untuk memantau pelaksanaan keputusan tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut Suparwoto

Padahal, akuntansi adalah sistem pengukuran dan pengendalian transaksi keuangan dan memberikan  hasil pengelolaan berupa informasi kepada pihak internal dan eksternal bisnis. Pihak eksternal antara lain investor, kreditur pemerintah, serikat pekerja dan lain-lain.

Pengertian Akuntansi Menurut West Churman

Memahami akuntansi adalah pengalaman tertulis yang berguna untuk  pengambilan keputusan dan pengalaman terstruktur yang  berharga untuk membuat pilihan.

Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

Jelaskan pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA). Akuntansi adalah seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu istilah moneter, transaksi dan peristiwa biasanya bersifat keuangan, termasuk interpretasi hasil mereka.

Pengertian Akuntansi Menurut APB

Jelaskan pengertian akuntansi menurut Dewan Prinsip Akuntansi (APB). Akuntansi adalah kegiatan jasa yang ditujukan untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama informasi tentang sifat  pengambilan keputusan ekonomi, dengan membuat pilihan dan keputusan yang rasional di antara berbagai bentuk tindakan substitusi yang berbeda.

Pengertian Akuntansi Menurut AAA

Jelaskan pengertian akuntansi menurut American Accounting Association (AAA). Akuntansi adalah sistem identifikasi dan  pengukuran untuk menyediakan laporan informasi ekonomi dan mengevaluasinya. Tujuan akuntansi adalah membuat perhitungan secara periodik atas usaha atau biaya dari hasil yang diperoleh.

Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi Secara Umum

Sebutkan tujuan akuntansi secara umum? tujuan akuntansi secara umum adala sebagai berikut:
  • Memberikan informasi tentang keuangan perusahaan, baik aset maupun kewajiban. 
  • Memberikan informasi keuangan tentang bisnis dapat membantu memperkirakan potensi keuntungan yang akan dihasilkan bisnis. 
  • Memberikan informasi perkembangan berbagai sumber ekonomi (net) perusahaan. 
  • Memberikan informasi tentang berbagai perubahan  sumber daya ekonomi dari aset, kewajiban dan modal perusahaan. 
  • Menyediakan informasi pelaporan keuangan lainnya  untuk membantu pengguna laporan ini.

    Tujuan / Manfaat Akuntansi Secara Khusus

    Tujuan khusus akuntansi adalah untuk menyediakan informasi berupa laporan tentang posisi keuangan, hasil usaha dan  perubahan posisi keuangan lainnya  sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP). ) dan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP).

    Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

    Secara kualitatif, tujuan akuntansi adalah sebagai berikut:
    • Untuk mengirimkan informasi yang keaslian dan validitasnya telah diperiksa.
    • Untuk memberikan informasi yang relevan. 
    • Menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terlibat dalam operasional perusahaan.  
    • Untuk menyampaikan informasi yang dapat dimengerti oleh pihak yang berkepentingan.  
    • Untuk memberikan informasi transaksi secara real time atau sesegera mungkin. 
    • Menyampaikan laporan keuangan secara lengkap dan mematuhi standar pelaporan keuangan. 
    • Mengkomunikasikan informasi yang konsisten dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum (GAAP) dan sebanding.

    Fungsi Akuntansi

    Beberapa fungsi akuntansi adalah sebagai berikut:
    • Untuk laporan pendaftaran. Fungsi utama  akuntansi adalah mencatat laporan (records) transaksi secara kronologis dan sistematis. Catatan transaksi ini kemudian dikirim ke buku besar untuk penyelesaian akhir sehingga Anda dapat melihat keuntungan atau kerugian bisnis pada akhir periode akuntansi.  
    • Untuk melindungi properti dan properti. Fungsi akuntansi selanjutnya adalah menghitung  penyusutan aset yang sebenarnya dengan  metode yang sesuai dan berlaku untuk aset tertentu.  
    • Untuk mengumumkan hasilnya. Fungsi akuntansi berikut digunakan untuk mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat kepada semua pihak yang terlibat dalam bisnis tertentu. Misalnya investor, kantor pemerintahan, pegawai, peneliti dan instansi lainnya. 
    • Untuk pertemuan hukum. Fungsi akuntansi juga menangani desain dan pengembangan sistem. Misalnya, untuk memastikan bahwa catatan dan laporan selalu memenuhi persyaratan hukum. Sistem ini kemudian diperlukan untuk memungkinkan instansi atau properti untuk mengajukan berbagai pengembalian, seperti pengembalian pajak penjualan  dan pengembalian  pajak penghasilan dan sejenisnya. 
    • Untuk mengkategorikan. Fungsi akuntansi berikutnya yang berkaitan dengan klasifikasi melibatkan analisis sistematis dari semua data yang direkam. Adanya klasifikasi tersebut dapat memudahkan pengelompokan jenis transaksi atau entri. Operasi klasifikasi  dilakukan pada buku yang disebut buku besar. 
    • Untuk Buat resume. Konsolidasi dalam akuntansi  melibatkan penyajian data rahasia dengan cara yang dapat dimengerti dan berguna bagi pengguna akhir internal dan eksternal dari laporan akuntansi. Kegiatan ini mengarah pada penyusunan laporan: Neraca, laporan laba rugi dan neraca saldo. 
    • Untuk menganalisis dan menjelaskan. Pada akhirnya, fungsi akuntan adalah menganalisis dan menafsirkan data keuangan. Selain itu, data keuangan yang telah melalui  analisis diinterpretasikan dengan cara yang mudah dipahami sehingga dapat membantu menilai kesehatan keuangan dan profitabilitas suatu bisnis. Selain itu, hasil analisis digunakan untuk penyusunan rencana  masa depan dan perumusan kebijakan untuk melaksanakan rencana tersebut.

    Manfaat Akuntansi

    Manfaat dari akuntansi adalah sebagai berikut:
    • Dapat memberikan informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan manajemen.
    • Informasi/laporan dapat diberikan kepada pihak eksternal.  
    • Sebagai pengendali dan instrumen pengendalian keuangan.  
    • Sebagai dasar untuk alokasi sumber daya.  
    • Sebagai alat penilaian bisnis.

    Bidang Ilmu Akuntansi

    Sebutkan beberapa bidang ilmu akuntansi? Berikut ini adalah beberapa bidang ilmu akuntansi:

    Akuntansi Keuangan

    Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menyangkut tentang pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala sebagai suatu sumber informasi yang bermanfaat untuk manajemen, pemilik perusahaan maupun kreditor. Hampir semua bisnis dalam sebuah perusahaan umumnya menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk dalam pelaporan dana perusahaan.

    Akuntansi Auditing (Pemeriksaan Akuntansi)

    Akuntansi audit adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan  laporan keuangan untuk menentukan kebenaran atau kebenaran laporan. Biasanya, perusahaan yang sedang berkembang belum melakukan bidang akuntansi ini. Audit sangat penting untuk mengungkap praktik korupsi dalam sebuah perusahaan.

    Akuntansi Perpajakan

    Akuntansi pajak adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan pajak  keuangan  perusahaan. Akuntansi pajak penting untuk pertimbangan terkait dengan konsekuensi  transaksi bisnis.

    Akuntansi Budgeter

    Penganggaran adalah akuntansi yang digunakan untuk menetapkan anggaran bisnis mengenai  penggunaan uang yang direncanakan untuk periode tertentu.

    Akuntansi Biaya

    Akuntansi analitik adalah akuntansi yang digunakan untuk mengendalikan anggaran atau anggaran perusahaan. Hal ini untuk mengeliminasi penggunaan dana perusahaan walaupun sudah dianggarkan.

    Akuntansi Organisasi Nirlaba

    Akuntansi organisasi nirlaba adalah akuntansi yang digunakan untuk merencanakan anggaran  untuk  organisasi nirlaba. Misalnya, pembukuan nirlaba, khususnya dana CSR suatu perusahaan, ini termasuk hasil pembukuan nirlaba.

    Jelaskan Kegiatan Kegiatan Yang Dilakukan Dalam Proses Akuntansi?

    Pengertian tujuan dan fungsi akuntansi serta manfaatnya Pengertian Tujuan dan Fungsi Akuntansi serta Manfaatnya
    Proses Akuntansi

    Kegiatan-kegiatan dalam proses akuntansi yaitu
    1. Mengidentifikasi data yang berhubungan dengan data keuangan. 
    2. Transformasi data keuangan menjadi  informasi keuangan melalui klasifikasi/klasifikasi dan peringkasan dan pelaporan. 
    3. Menganalisis informasi keuangan yang akan digunakan untuk membuat keputusan bagi pengguna.
    Dengan  kegiatan tersebut dapat dihasilkan suatu laporan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pengambilan keputusan.

    Berikut yang dapat kami tulis tentang pengertian tujuan dan fungsi akuntansi serta manfaatnya. Semoga apa yang kami tulis di blog  ini bermanfaat bagi pemahaman ini.

    Terimakasih Semoga bermanfaat !!


    Baca Juga :  Pengertian Airspeed indicator - Indikator Kecepatan Udara


    About the Author

    Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
    Cookie Consent
    We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
    Oops!
    It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
    AdBlock Detected!
    We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
    The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.