Pertumbuhan Penduduk Alami dan Pertumbuhan Penduduk Total

pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk. penduduk suatu wilayah akan ber
Pertumbuhan Penduduk Alami dan Total
Pertumbuhan Penduduk Alami dan Pertumbuhan Penduduk Total

Dinamika penduduk merupakan perubahan jumlah penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian dan migrasi. perubahan tersebut terjadi secara terus menerus dari tahun ke tahun. akibatnya perubahan penduduk terjadi secara dinamis. untuk melihat dan mengetahui perubahan jumlah penduduk dapat dilihat dari besarnya pertumbuhan penduduk. sedangkan untuk memperkirakan pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang bisa menggunakan proyeksi penduduk. hal ini penting dilakukan untuk perencanaan pembangunan terutama di bidang kependudukan. pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali menyebabkan terjadinya ledakan penduduk yang akhirnya menyebabkan berbagai permasalahan kependudukan. 

Pertumbuhan Penduduk 


pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk. penduduk suatu wilayah akan bertambah apabila terdapat kelahiran ( L ) dan penduduk yang datang ke wilayah tersebut ( I ). sedangkan penduduk suatu wilayah akan berkurang apabila terjadapat kematian ( M ) dan terdapat penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut ( E ).

a. Pertumbuhan Penduduk Alami 


Pertumbuhan penduduk alami suatu wilayah terjadi karena terdapat selisih jumlah kelahiran dengan kematian. sedangkan penduduk yang keluar dan masuk di wilayah tersebut tidak di perhitungkan karena relatif sedikit. berikut merupakan Rumus Menghitung Pertumbuhan Penduduk Alami

Pt = L - M 

dimana : 

Pt    = Jumlah penduduk pada akhir tahun
L     = jumlah kelahiran setahun
M    = jumlah kematian setahun


b. Pertumbuhan Penduduk Total 


pertumbuhan penduduk total menunjukan besarnya pertumbuhan penduduk suatu wilayah selama satu tahun  dengan memperhatikan faktor kelahiran, kematian dan migrasi. sama halnya dengan pertumbuhan penduduk alami dalam perhitungannya hanya saja ditambah dengan migrasi ( penduduk masuk kurangi penduduk keluar ) dimana perhitungannya sebagai berikut 

Pt = ( L - M ) + ( I - E )

dimana : 

Pt      = Jumlah penduduk akhir tahun 
L       = jumlah kelahiran setahun 
M     =  jumlah kematian setahun 
I       =  jumlah migrasi setahun 
M     =  jumlah emigrasi setahun

apabila jumlah pertumbuhan penduduk di hitung per 1000 orang di sebut tingkat pertumbuhan penduduk. bagian selanjutnya untuk fertilitas, moralitas, migrasi, proyeksi penduduk dan kepadatan penduduk bisa di cek di sini.  

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.