Metode - Metode atau Model dalam Sosiologi

Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan seperti yang t
Metode - Metode atau Model dalam Sosiologi
Metode - Metode atau Model dalam Sosiologi

Metode Sosiologi

Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan seperti yang telah kita tentukan dan harapkan, Metode sekurang-kurangnya memiliki beberapa ciri pokok yaitu sebagai berikut

  1. Ada permasalahan yang akan dikaji atau diteliti.
  2. Ada hipotesis, yaitu kesimpulan yang bersifat sementara, yang harus dibuktikan kebenarannva melalui data. Hipotesis merupakan jawaban sementara atas permasalahan yang akan dikaitkan melalui teori yang ada.
  3. Ada usulan mengenai cara kerja atau cara penyelesaian permasalahan dari hipotesis yang ada.

Soejono Soekanto mengemukakan bahwa pada dasarnya terdapat dua jenis metode, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Berikut ini adalah penjelasannya.

Metode penelitian sosiologi

Metode penelitian sosiologi adalah sebagai berikut:

  • Merumuskan masalah

Kita membutuhkan suatu masalah yang bermanfaat untuk diteliti yang dapat diselidiki melalui metode ilmiah.

  • Meninjau kepustakaan

Yaitu survei atas semua penelitian yang telah dilakukan mengenai masalah yang akan diteliti.

  •  Merumuskan hipotesis

Yaitu mengembangkan lebih dari satu masalah yang akan diteliti.

  • Merencanakan desain penelitian

Menguraikan apa yang perlu ditelaah, data apa yang perlu dicari, di mana, bagaimana mengumpulkan, mengolah dan menganalisisnya.

  • Mengumpulkan data

Mengumpulkan data sesuai dengan desain penelitian. Data ini akan sering diperlukan untuk mengubah desain guna mengatasi kesulitan yang tidak terduga.

  • Menganalisis data

Membuat klasifikasi tabel dan memperbandingkan data, melaksanakan berbagai pengujian dan perhitungan yang diperlukan untuk menemukan hasil.

  • Menarik kesimpulan

Apakah hipotesis awal dapat diterima atau ditolak? Apakah hasilnya tidak meyakinkan? Apakah penelitian itu menambah wawasan kita? Apakah implikasinya terhadap teori sosiologi? Soal-soal dan saran-saran apa saja yang diberikan untuk penelitian selanjutnya.

  • Mengulang penelahaanya.

Yaitu melakukan penelitian dengan sampel-sampel yang berbeda untuk menguji teori yang sudah dihasilkan, melalui pengulangan ini akan diambil suatu kesimpulan sebagai sebuah gambaran umum


Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Konsep-Konsep Realitas Sosial dalam Sosiologi


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.