Cornucopianism: Fungsi, Contoh dan Kekurangan-Kelebihannya

Cornucopianism adalah suatu pandangan yang menyatakan bahwa kemampuan manusia untuk menghasilkan sumber daya alam dan teknologi
Pengertian Fungsi dan Contoh Cornucopianism Serta Kekurangan Kelebihannya
Pengertian Fungsi dan Contoh Cornucopianism Serta Kekurangan Kelebihannya


Cornucopianism adalah suatu pandangan yang menyatakan bahwa kemampuan manusia untuk menghasilkan sumber daya alam dan teknologi akan selalu mengimbangi pertumbuhan populasi manusia dan permintaan akan sumber daya. Pandangan ini menekankan bahwa sumber daya alam yang tak terbatas dan teknologi yang terus berkembang akan selalu mampu menyediakan cukup banyak sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia, sehingga tidak perlu khawatir tentang kelangkaan sumber daya.

Fungsi dari pandangan Cornucopian


Fungsi dari pandangan Cornucopian adalah untuk menyatakan bahwa manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menghasilkan sumber daya alam dan teknologi yang akan selalu mengimbangi pertumbuhan populasi dan permintaan akan sumber daya. Pandangan ini memberikan keyakinan bahwa kemajuan teknologi akan selalu membantu manusia mengatasi masalah kelangkaan sumber daya.

Contoh dari pandangan Cornucopian


Contoh dari pandangan Cornucopian dapat dilihat dari bagaimana manusia telah berhasil meningkatkan produksi pertanian melalui teknologi pertanian yang terus berkembang, sehingga mampu memenuhi kebutuhan akan makanan yang semakin meningkat akibat pertumbuhan populasi yang pesat. Teknologi juga telah membantu manusia menemukan cara-cara baru untuk mengelola sumber daya alam sehingga tidak terlalu banyak terkuras.

Kelebihan dari pandangan Cornucopian adalah:

  1. Memberikan keyakinan bahwa kemajuan teknologi akan selalu membantu manusia mengatasi masalah kelangkaan sumber daya.
  2. Menekankan bahwa sumber daya alam yang tak terbatas dan teknologi yang terus berkembang akan selalu mampu menyediakan cukup banyak sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  3. Menyatakan bahwa manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menghasilkan sumber daya alam dan teknologi yang akan selalu mengimbangi pertumbuhan populasi dan permintaan akan sumber daya.

Kekurangan dari pandangan Cornucopian adalah:

  1. Mengabaikan fakta bahwa sumber daya alam tidak selalu tak terbatas dan bisa habis jika tidak dikelola dengan baik.
  2. Tidak memperhitungkan dampak negatif dari kemajuan teknologi terhadap lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam.
  3. Tidak mengakui adanya batasan dalam kemampuan manusia untuk menghasilkan sumber daya alam dan teknologi.

Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Faktor Penyebab Tanaman Kita Sungkan Untuk Berbuah

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.