Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar

Pengertian pasar adalah Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk berdagang barang atau jasa. Pasar tidak memiliki batas geografis, sehingga definis

Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar 

Apa itu pasar? Pasti kita tidak pernah pergi ke pasar kan? Mungkin kita pergi ke pasar untuk mencari dan membeli sesuatu yang kita butuhkan. Pasti teman-teman sudah tahu kan apa itu pasar dan seperti apa bentuknya? Jadi bisakah Anda menjelaskan secara spesifik tentang definisi pasar? Bagi Anda yang tidak bisa menjelaskan secara detail apa arti pasar, Anda bisa mendengar penjelasannya di sini. Disini selain membahas tentang pengertian pasar secara umum, kita juga membahas pengertian pasar menurut para ahli. Selain itu, kita juga telah membahas fungsi pasar, jenis pasar dan contoh ciri-ciri pasar. Langsung saja kita simak pembahasan tentang pengertian fungsi dan jenis-jenis pasar serta contoh-contoh pasar sebagai berikut.

pengertian fungsi dan jenis jenis pasar
Pengertian Pasar Secara Umum dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar 

Pengertian Pasar

Pengertian pasar adalah Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk berdagang barang atau jasa. Pasar tidak memiliki batas geografis, sehingga definisi pasar tidak mengacu pada tempat atau lokasi tertentu. Selain itu, keberadaan jaringan komunikasi modern seperti kehadiran internet juga telah memperluas pemahaman pasar tanpa adanya hambatan atau batasan geografis. Sehingga dapat memungkinkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi tanpa harus bertemu secara langsung.

Pengertian pasar yang kita bahas disini adalah konsep pasar yang menitikberatkan pada makna kegiatan ekonomi yaitu transaksi jual beli, baik yang berlangsung di pasar tradisional maupun tidak. Dalam ilmu ekonomi, definisi pasar adalah kuantitas yang diminta dan kuantitas yang ditawarkan untuk beberapa jenis barang atau jasa. Dalam hal ini, pasar juga mengacu pada semua aktivitas penawaran dan permintaan, termasuk modal, tenaga kerja, surat berharga, dan uang.

Kegiatan ekonomi yang berlangsung di pasar terutama didasarkan pada adanya persaingan bebas, baik bagi penjual maupun pembeli. Penjual (produsen) memiliki kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang harus diproduksi dan didistribusikan. Sedangkan pembeli (konsumen) memiliki kebebasan untuk memilih dan membeli barang dan jasa sesuai dengan daya belinya.

Keberadaan pasar dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Hal ini karena, jika ada permintaan yang tidak dapat diproduksi sendiri, permintaan tersebut dapat diturunkan dari pasar. Pembeli datang ke pasar untuk berbelanja dengan berbagai kebutuhan guna memenuhi kebutuhannya dengan membawa uang untuk membayar barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi pasar menurut para ahli. Berikut ini definisi pasar menurut para ahli ekonomi:

Pengertian Pasar Menurut William J Stanton

Market savvy adalah sekelompok orang yang mengharapkan kepuasan dari penggunaan uang untuk melakukan pembelian dan bersedia membelanjakan uang itu.

Pengertian Pasar Menurut Simamora

Pasar adalah sekelompok orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan akan produk tertentu, yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk membeli produk tersebut, dan yang memiliki kemampuan untuk memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau tidak.

Pengertian Pasar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pasar menurut KBBI adalah tempat sekelompok orang melakukan transaksi jual beli. Pasar adalah tempat jual beli yang diselenggarakan oleh suatu organisasi atau asosiasi dengan tujuan untuk menggalang donasi.

Fungsi Pasar

Sebutkan 5 fungsi pasar? 5 Fungsi pasar adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi pasar sebagai sarana distribusi
  2. Pasar adalah tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
  3. Fungsi pasar sebagai penetapan harga
  4. Karena interaksi antara penjual dan pembeli, penawaran dan permintaan datang dari kedua sisi. Dengan demikian, harga barang atau jasa yang ditukar ditentukan.
  5. Fungsi pasar sebagai tempat promosi
  6. Jelaskan fungsi pasar sebagai promotor? Pasar adalah tempat promosi yang sempurna bagi produsen dan penjual untuk menampilkan berbagai macam produk, karena pasar adalah tempat berkumpulnya konsumen. Dengan demikian, fungsi pasar sebagai tempat promosi dapat ditunjukkan dengan adanya produsen/penjual yang mempresentasikan produk yang dijualnya kepada konsumen.
  7. Fungsi pasar sebagai penyerapan tenaga kerja
  8. Jelaskan fungsi pasar untuk menyerap tenaga kerja? Fungsi pasar sebagai tempat menyerap tenaga kerja karena di pasar terdapat banyak pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi. Misalnya tukang parkir, penyapu, pemulung, tukang ojek dan lain-lain.
  9. Fungsi pasar modal dalam investasiPasar memiliki peran yang mendukung dalam pengelolaan tabungan dan investasi. Investasi ini berguna untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan di masa depan. Tabungan dan investasi ini akan berinteraksi di pasar. Pasar yang memfasilitasi investasi dan tabungan adalah pasar modal. Investor akan mencari pihak yang memiliki tabungan untuk tujuan investasi, dan penabung akan mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua belah pihak bisa bertemu di pasar modal.

Jenis jenis Pasar dan Contohnya

Sebutkan jenis-jenis pasar dan contohnya? Berikut ini adalah penjelasan tenetang jenis jenis pasar dan contohnya.

Jenis-jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya

Jenis pasar berdasarkan cara transaksinya yaitu terdiri dari pasar tradisional dan pasar modern. Jenis pasar menurut cara transaksinya ini merupakan klasifikasi pasar secara umum.
  • Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan terjadi proses negosiasi langsung di antara mereka. Bentuk pembangunan pasar tradisional dapat berupa kios, toko, dan los. Barang-barang yang dijual di pasar tradisional sebagai kebutuhan. Contoh pasar tradisional adalah pasar Minggu di Jakarta, pasar klewer di Solo dan pasar Beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar modern merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dan bertransaksi. Namun di pasar modern tidak ada proses negosiasi, hal ini dikarenakan barang yang dijual di pasar modern sudah diberikan harga yang tetap. Komoditas yang dijual di pasar modern biasanya adalah kebutuhan sehari-hari serta barang tahan lama lainnya. Bentuk pasar modern ini berada di sebuah gedung yang layanannya bersifat swalayan atau berdiri sendiri, biasanya dilayani oleh satu penyedia. Contoh pasar modern adalah pusat perbelanjaan, alun-alun dan lain-lain.

Jenis-jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya

Jenis pasar berdasarkan bentuk kegiatannya dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata dan pasar abstrak.
  • Pasar yang sebenarnya adalah pasar dimana terdapat hubungan langsung antara penjual dan pembeli. Contoh pasar riil adalah pasar tradisional dan supermarket.
  • Pasar abstrak adalah pasar jika barang yang diperjualbelikan berupa barang tidak berwujud atau hanya berupa gambar (biasanya di Internet). Contoh pasar abstrak adalah pasar modal, pasar online, pasar saham, dan pasar valuta asing.

Jenis jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya

Pasar menurut jenis barangnya dibedakan menjadi pasar barang konsumsi dan pasar sumber daya produksi. Berikut ini kami menjelaskan jenis pasar berdasarkan jenis barangnya:
  • Pasar konsumsi komoditi adalah pasar pertukaran barang yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Barang yang diperjualbelikan di pasar barang konsumsi dapat digunakan langsung oleh konsumen. Contoh pasar barang konsumsi adalah pasar beras, pasar buah, pasar sayur, pasar grosir, dan pasar tekstil.
  • Pasar untuk sumber daya produktif adalah pasar untuk pertukaran faktor-faktor produksi. Contoh pasar sumber daya produktif adalah pasar tenaga kerja, spesialis, mesin, dan tanah.

Jenis jenis Pasar Menurut Waktunya

Jenis jenis pasar menurut waktu penyelenggaraannya adalah sebagai berikut:
  • Pasar harian adalah pasar di mana penjual dan pembeli dapat bertemu setiap hari. Pada umumnya pasar sehari-hari menjual segala macam barang konsumsi, jasa, kebutuhan bahan baku dan juga kebutuhan produksi. Contoh pasar harian adalah pasar tradisional, supermarket, supermarket, hypermarket, department store, dan lain-lain.
  • Pasar mingguan adalah pasar yang diadakan seminggu sekali. Pasar mingguan biasanya ditemukan di daerah pedesaan. Contoh pasar mingguan adalah pasar Minggu, pasar Senin, pasar Kamis, dan lain-lain.
  • Pasar bulanan adalah pasar yang bertemu sebulan sekali dan diadakan di daerah-daerah tertentu. Biasanya, ada pembeli di Pasar Bulanan yang membeli barang tertentu untuk dijual kembali. Contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.
  • Pasar tahunan adalah pasar yang berlangsung setahun sekali, seperti Development Expo, Jakarta Fair dan lain-lain. Secara umum, pasar tahunan bersifat nasional dan dimaksudkan untuk mempromosikan produk baru.
  • Pasar temporer adalah pasar yang diadakan pada waktu tertentu yang tidak lazim. Pasar temporer biasanya dibuka untuk memperingati suatu peristiwa. Contoh pasar temporer adalah Bazaar.

Jenis-jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi

Berikut ini adalah jenis pasar menurut keleluasaan distribusi:
  • Pasar regional adalah pasar di mana suatu produk dibeli dan dijual di wilayah tempat produk itu diproduksi. Juga didefinisikan, pasar regional adalah pasar yang melayani penawaran dan permintaan di satu wilayah. Contoh pasar daerah adalah Pasar Johar di Semarang, Pasar Klewer di Solo dan Pasar Beringharjo di Yogyakarta.
  • Pasar lokal adalah pasar tempat produk dibeli dan dijual di kota tempat produk tersebut diproduksi. Pasar lokal adalah pasar yang melayani penawaran dan permintaan di dalam kota. Contoh pasar lokal adalah pasar Klewer Solo, yang menawarkan berbagai jenis batik, karena banyak orang di Solo dan sekitarnya yang memakai batik.
  • Pasar domestik adalah pasar tempat produk dibeli dan dijual di negara tempat produk tersebut dijual di dalam negeri. Contoh pasar nasional adalah pasar uang dan pasar modal BEJ (produk yang diciptakan disebut pasar nasional karena melayani kebutuhan dan pemegang saham surat berharga Jakarta).
  • Pasar internasional adalah pasar untuk membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Pasar internasional merupakan pasar yang memiliki cakupan luas di seluruh dunia. Contoh pasar internasional adalah pasar berlian di Amsterdam, pasar karet di New York dan pasar kopi di Santos.

Jenis jenis pasar menurut bentuk serta strukturnya

Jenis jenis pasar berdasarkan bentuk dan strukturnya yaitu terdiri dari pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
  • Pasar persaingan sempurna adalah pasar persaingan murni di mana terdapat banyak pembeli dan penjual, dan mereka sudah memahami keadaan pasar dengan baik. Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar hasil panen yang berbeda.
  • Pasar persaingan tidak sempurna adalah kebalikan dari pasar sempurna, yaitu pasar yang terdiri dari sedikit penjual dan banyak pembeli. Ada empat jenis pasar persaingan tidak sempurna :
    1. Pasar monopoli adalah pasar di mana semua penawaran dan permintaan telah dikendalikan oleh organisasi penjualan tertentu. Contoh pasar monopoli adalah PT Pertamina (Persero).
    2. Pasar monopoli adalah pasar di mana banyak orang menjual barang dengan produk yang berbeda. Contoh pasar monopoli adalah toko kelontong, apotek, jasa salon, dan transportasi.
    3. Pasar otoriter adalah pasar di mana banyak penjual menjual barang tertentu, sehingga satu penjual dengan penjual lainnya dapat mempengaruhi harga. Contoh pasar otoriter adalah perusahaan di bidang telekomunikasi, pabrik semen, dan perusahaan yang menjual sepeda motor dan mobil.
    4. Pasar oligopolistik adalah pasar yang didominasi oleh pembeli (jadi di pasar oligopolistik ada banyak penjual dan sedikit pembeli). Dengan demikian, pembeli dapat mengklaim harga termurah. Contoh pasar tunggal adalah pasar sayur di daerah terpencil yang sering mengalami kesulitan untuk menjual hasil produksinya ke lokasi lain.

Ciri-ciri Pasar

Dari berbagai penjelasan tentang pasar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri pasar adalah sebagai berikut:
  • barang atau jasa dipertukarkan.
  • Ada calon penjual dan pembeli.
  • Ada interaksi langsung atau tidak langsung antara pembeli dan penjual.
  • Ada proses request dan supply dari kedua belah pihak.
  • Transaksi dilakukan ketika ada kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sebuah penjualan telah terjadi.
Bagaimana sekarang kamu sudah mengerti tentang pengertian fungsi dan jenis jenis pasar beserta contohnya kan. 

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.