Sejarah Lahirnya Sosiologi Dan Perkembangan Sosiologi Sebelum Aguste Comte

Latar belakang sosial lahirnya sosiologi adalah perubahan masyarakat di Eropa Barat akibat revolusi industri di Inggris dan revolusi Prancis yang

Sejarah Lahirnya Sosiologi Dan Perkembangan Sosiologi Sebelum Aguste Comte 

Sejarah Lahirnya Sosiologi dan Perekembangannya
Sejarah Lahirnya Sosiologi

Latar belakang sosial lahirnya sosiologi adalah perubahan masyarakat di Eropa Barat akibat revolusi industri di Inggris dan revolusi Prancis yang berlangsung pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Banyak orang pada masa itu berharap bahwa revolusi industri dan revolusi Prancis akan membawa kemajuan bagi semua anggota masyarakat. Dengan munculnya revolusi industri, pola-pola tradisional mulai ditinggalkan dan muncullah teknologi baru yang mempermudah sekaligus meningkatkan produksi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Jika pada masa feodalisme sebelum revolusi Prancis masyarakat terkotak-kotak dalam lapisan - lapisan sosial yang sangat membatasi ruang bagi lapisan sosial yang lebih rendah, setelah revolusi semua orang berharap bahwa akses terhadap semua sumber daya sosial dan ekonomi seperti pendidikan dan pekerjaan harus terbuka lebar bagi semua lapisan. Akan tetapi, apa yang diharapkan masyarakat tidak menjadi kenyataan. Revolusi memang telah mendatangkan perubahan, namun pada saat yang sama juga telah mendatangkan kekhawatiran yang lebih besar. Dalam masyarakat timbul anarki (situasi tanpa aturan) dan kekacauan yang lebih besar setelah revolusi Prancis. Di samping itu, timbul kesenjangan sosial antara golongan kaya dengan golongan miskin. Kelas-kelas sosial bukannya dihapus, melainkan semakin nyata. Kaum buruh semakin ditekan oleh segelintir orang yang memiliki modal dan perusahaan. Dengan demikian konflik antarkelas menjadi tidak terhindarkan.

Perkembangan Sosiologi sebelum Auguste Comte

Para ahli terutama para sosiolog di Eropa mengatakan bahwa orang pertama yang merumuskan sosiologi adalah Auguste Comte (1798-1857). la merupakan ahli filsafat berkebangsaan Prancis yang hidup pada permulaan abad ke-19. Oleh para ilmuan, Auguste Comte diberi gelar sebagai Bapak Sosiologi. Nama sosiologi juga merupakan usulan dari beliau. Hal tersebut, ia kemukakan di dalam bukunya yang berjudul Xours de Philosophie Positive (Filsafat Positif). Meski banyak ahli menyebut awal perkembangan sosiologi adalah zaman Auguste Comte, namun banyak juga yang mengatakan bahwa sebelum Comte telah banyak orang yang mencoba menelaah masyarakat secara sistematis. Orang-orang tersebut di antaranya sebagai berikut.

a. Aristoteles (384-322 SM)

Aristoteles mengikuti sistem analisis secara organis dari Plato. Hal ini dapat kita lihat dari bukunya yang terkenal, yaitu Politics. Aristoteles mengadakan suatu analisis mendalam terhadap lembaga-lembaga politik dąlam masyarakat Menurutnya, basis masyarakat adalah moral atau etika dalam arti sempit.

b. Plato (429-347 SM)

Plato merupakan salah satu tokoh yang telah meneliti tentang masyarakat sejak dulu. Plato merumuskan suatu teori tentang bentuk negara. la mengatakan bahwa masyarakat merupakan reflesi dari manusia perseorangan. Suatu masyarakat akan mengalami goncangan sebagaimana halnya manusia perseorangan yang terganggu keseimbangan jiwanya. Jiwa terdiri atas tiga unsur, yaitu nafsu, semangat, dan intelegensia.

c. John Locke (1632-1704)

Menurut John Locke, manusia pada dasarnya mempunyai hak-hak asasi yang berupa hak hidup, kebebasan, dan hak atas harta benda. Kontrak antara warga masyarakat dengan pihak yang mempunyai wewenang sifatnya atas dasar faktor pamrih.

d. J.J.Rousseau (1712-1778) 

Rousseau berpendapat bahwa kontrak antara pemerintah dengan yang diperintah menyebabkan tumbuhnya suatu kolektibitas yang mempunyai keinginan umum.


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.