Pengertian Jenis Dan Dampak Migrasi Serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi

Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya melampaui batas negara atau batas administrasi negara dengan tujuan menetap

Konsep migrasi mulai dari pengertian hingga dampak dan faktor yang mempengaruhinya

Pengertian Jenis Dan Dampak Migrasi  Serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi
Pengertian Jenis Dan Dampak Migrasi  Serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi


Migrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lainnya melampaui batas negara atau batas administrasi negara dengan tujuan menetap. 


A. Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Sendiri Yakni : 

  1. faktor ekonomi yakni ingin mencari kehidupan yang lebih baik di tempat baru, karena ditempat asalnya mengalami kesulitan dan tidak berkembang secara ekonomi.
  2. faktor keamanaan dan keselamatan yaitu ingin mencari tempat yang lebih aman dari tempat asalnya, karena tempat asalnya merupakan wilayah yang semisal rawan terkena bencana alam, tingginya tingkat kejahatan dan seringnya terjadi pertikaian antar warga serta lain sebagainya. 
  3. faktor agama yaitu migrasi yang terjadi akibat perbedaan agama sehingga ada sebagian penduduk yang merasa kurang bebas dalam menjalankan agama di tempat asalnya. 
  4. faktor sosial yakni migrasi yang di akibatkan oleh tekanan - tekanan sosial semisal dari tetangga atau dari masayarakat terhadap individu atau kelompok yang di anggap merugikan atau melanggar ketentuan norma yang berlaku di tempat asalnya. 
  5. faktor pendidikan yakni migrasi yang terjadi di sebabkan oleh keinginan untuk menempuh pendidikan lebih lanjut atau lebih tinggi karena jejang atau program pendidikan yang ada di daerah asal tidak ada sehingga guna melanjutkan harus bermigrasi ke tempat yang ada jejang atau perogram yang sesuai atau di inginkan. 
  6. faktor tugas yakni migrasi yang di sebabkan oleh tugas dari atasan atau instansi tertentu. 
  7. faktor keluarga yakni migrasi yang terjadi karena kepentingan keluarga contoh : orang tua yang wafat berjauhan dengan anaknya sehingga salah satu di anta-nya melakukan migrasi. 
  8. faktor kepentingan pembangunan yakni migrasi yang terjadi karena suatu daerah pemukiman penduduk di bangun proyek pembangunan seperti pembuatan bendungan, pembangunan jalan, pembuatan waduk dll sebagainya. 

B. Faktor - Faktor Khusus Yang Menyebabkan Migrasi, 


Adapun faktor - faktor khusus yang menyebabkan migrasi anatara lain : 

a. Faktor daerah tujuan 

  • kesempatan untuk mendapatkan kesempatan kerja di daerah tujuan lebih banyak daripada ditempat asalnya. 
  • di daerah tujuan di anggap lebih mudah mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dibandingkan daerah asal.
  • daerah tujuan dianggap mempunyai lebih banyak fasilitas sarana dan prasarananya untuk mendukung kebutuhan hidupnya. 

b. Faktor daerah asal 

  • kepemilikan lahan di daerah asal semakin sempit dan kurangnya kesempatan kerja akibat persaingan dan kepadatan penduduk. 
  • kesejahteraan atau pendapatan di daerah asal sedikit, karena upah tenaga kerja di anggap lebih rendah daripada daerah yang dituju. 
  • kurangnya fasilitas dan sarana prasarana pendukung kebutuhan hidup.

C. Jenis-Jenis Migrasi Penduduk


Migrasi penduduk dibedakan menjai dua, yaitu migrasi penduduk internasional dan migrasi penduduk nasional/lokal. 

a. Migrasi internasional, 

yaitu perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain. Migrasi internasional dibedakan menjadi tiga sebagai berikut.

  • Imigrasi adalah masuknya penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap di negara yang didatangi. Orang yang melakukan imigrasi disebut imigran.
  • Emigrasi adalah keluarnya penduduk dari suatu negara kenegara lain dengan tujuan menetap di negara tujuan. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran. .
  • Remigrasi adalah perpindahan penduduk ke negara asalnya atau kembalinya penduduk ke negara asalnya.

b. Migrasi nasional 

yaitu perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain dalam satu wilayah negara. Migrasi nasional dibedakan sebagai berikut.

  • Ruralisasi atau reurbanisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk menetap di desa.
  • Evakuasi adalah perpindahan penduduk untuk menghindari bahaya yang mengancam.
  • Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota ataudari kota kecil ke kota besar dengan tujuan untuk menetap.
  • Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari provinsi atau pulau yang padat penduduknya ke provinsi atau pulau yang jarang penduduknya dalam satu wilayah negara.

D. Dampak Migrasi Penduduk 

Migrasi mempunyai dampak yang terdiri dari dampak positif dan dampak negatif sebagai berikut.

a. Dampak Positif bagi Daerah Tujuan

  1. Terpenuhinya kekurangan tenaga kerja di daerah tujuan. Artinya, para pendatang akan dimanfaatkan untuk memenuhi kekurangan tenaga kerja di berbagai sektor.
  2. Meningkatnya produktivitas di daerah tujuan.
  3. Daerah tujuan menjadi lebih ramai.

b. Dampak Negatif bagi Daerah Tujuan

  1. Di bidang kependudukan, yaitu semakin meningkatnya kepadatan penduduk.
  2. Di bidang ekonomi, kehidupan semakin sulit, kesempatan kerja semakin sempit, pengangguran meningkat akibat para migran kurang memiliki keterampilan yang cukup sehingga hanya menjadi tenaga kerja atau buruh kasar yang jumlahnya semakin meningkat.
  3. Di bidang sosial, yaitu munculnya masalah-masalah sosial, seperti pemukiman kumuh, banyak muncul tuna wisma (gelandangan) slum area, dan lingkungan menjadi kotor.
  4. Di bidang transportasi, yaitu sering terjadi kemacetan lalu lintas, dan meningkatnya kecelakaan lalu lintas.
  5. Di bidang keamanan, yaitu meningkatnya angka kejahatan dan kriminalitas, seperti pencopetan, penodongan, penipuan, dan perampokan.

c. Dampak Positif bagi Daerah yang Ditinggalkan

  1.  Mengurangi pengangguran di daerah asal.
  2. Mengurangi kepadatan penduduk.
  3. Para migran yang kembali ke daerah asal dapat menunjang dan meningkatkan pembangunan di daerah asal.

d. Dampak Negatif bagi Daerah yang Ditinggalkan

  1. Kekurangan tenaga kerja.
  2. Sulit mencari tenaga kerja terdidik sebagai tenaga penggerak pembangunan di derah asal, kerena tenaga kerja terdidik yang dimiliki telah pindah (melakukan urbanisasi maupun transmigrasi) ke tempat lain.
  3. Terhambatnya pembangunan di daerah asal.
  4. Produktivitas daerah asal menurun.

 


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.