Fungsi dan Peran Ilmu Sosiologi dalam Kehidupan

Sosiologi dan Sosiolog banyak memberikan peranan dalam pembangunan bangsa. Masyarakat yang terdiri atas manusia yang berkelompok dan saling berinterak
Fungsi dan Peran Sosiologi
Fungsi dan Peran Sosiologi

Sosiologi dan Sosiolog banyak memberikan peranan dalam pembangunan bangsa. Masyarakat yang terdiri atas manusia yang berkelompok dan saling berinteraksi satu sama lain, mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan manusia sebagai mahluk yang berakal dan berbudaya. Dengan demikian, masyarakat tidak bersifat statis (tetap) tetapi senantiasa dinamis (bergerak). perkembangan setiap masyarakat berbeda-beda. 


fungsi sosiologi 

Menurut Syani, fungsi sosiologi dikategorikanm enjadi empat, yaitu sebagai berikut.

1. Kegunaan sosiologi dalam perencanaan sosial (social planning) 

Perencanaan sosial pada dewasa ini menjadi ciri yang umum bagi masyarakat yang sedang mengalami perubahan atau perkembangan. Perencanaan bertujuan untuk melihat jauh ke masa depan dengan tujuan untuk mengendalikannya, dan menurut Lester hal ini disebut dengan sosial telesis. Suatu perencanaan sosial harus berdasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana kebudayaan berkembang dari taraf yang rendah ke taraf yang modern dan kompleks, yang dikenal adanya industri, peradaban kota, dan lain-lain. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka lembaga-lembaga kemasyarakat yang ada harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi kemajuan serta perkembangan teknologi yang pesat. Selain itu, untuk mencapai pelaksanaan perencanaan sosial yang baik, diperlukan organisasi pelaksanaan yang baik pula.

2. Data sosiologi dapat dimanfaatkan untuk perencanaan sebuah proyek penelitian dan penerapannya, maupun untuk penilaian hasil penelitian tersebut.

3. Sosiologi dapat memberikan data sosial pada tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi proses pembangunan

4. Pemecahan masalah sosial.

Berbagai usaha telah dilakukan oleh manusia untuk mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Akan tetapi hasilnya kurang memuaskan. Seiring lahirnya sosiologi, berbagai masalah lambat laun mendapatkan jalan pemecahan dengan banyaknya metode-metode baru yang lahir dari para ahli sosiologi.


Manfaaat Sosiologi

Sesungguhnya, studi sosiologi sangat penting bagi kita sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat. Sosiologi mempelajari berbagai hubungan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat. Agar hubungan itu berjalan dengan baik, tertib, lancar, dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan, maka dalam hidup bermasyarakat tersebut manusia menciptakan berbagai norma, nilai, dan tradisi sebagai pengatur sekaligus pedoman bagi anggota masyarakat dalam bersikap dan bertingkah laku. Namun demikian, tidak jarang muncul perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, sehingga melahirkan perilaku menyimpang dan konflik di antara anggota masyarakat. Menurut Dr. Basrowi, M.S mempelajari sosiologi dapat bermanfaat sebagai berikut ini.

1. Sosiologi dapat memberikan pengetahuan tentang pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat.

2. Sosiologi dapat membantu kita unuk mengontrol atau mengendalikan setiap tindakan dan perilaku kita dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Sosiologi mampu mengkaji status dan peran Kita sebagal anggota masyarakat serta. membantu kita melihat dunia atau Dunia lain yang belum Kita ketahui sebelumnva

4. Dengan bantuan sosiologi, kita akan makin memahami nilai, norma, tradisi, dan peraturan yang dianut oleh masyarakat lain serta memahami perbedaan yang ada yang dianut oleh masyarakat penerus kehidupan, mempelajari sosiologi membuat kita tanggap dan bisa menerima semua perbedaan.

5. Bagi kita sebagai generasi penerus Kemampuan, mempelajari sosiologi membuat kita bisa menghadapi segala gejala - gejala sosial secara dewasa kita makin kritis serta mampu rasional mengambil sikap serta tindakan yang tepat terhadap setiap situasi sosial yang kita hadapi sehari-hari.


Terimakasih Semoga bermanfaat !!

Baca Juga : Perspektif atau Pandangan dari Ilmu Sosiologi


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.