Dampak Bonus Demografi terhadap Pembangunan Sosial Ekonomi

Bonus demografi menjadi pilar peningkatan produktivitas suatu negara dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan SDM produktif. Ketika
Dampak Bonus Demografi terhadap Pembangunan Sosial Ekonomi
Dampak Bonus Demografi terhadap Pembangunan Sosial Ekonomi


Bonus demografi dapat menjadi anugerah bagi bangsa Indonesia dengan syarat pemerintah harus menyiapkan generasi muda yang berkualitas tinggi SDM-nya melalui pendiaikan, kesehatan, penyiapan lapangan kerja, dan investasi. Namun, jika bangsa indonesia menyiapkan akan terjadinya bonus demografi, seperti penyediaan ląpangan kerja, dan peningkatan kualitas SDM seperti pendidikan yang tinggi dan pelayanan Kesehatan dan gizi yang memadai maka akan terjadi permasalahan, yaitu terjadinya pengangguran yang besar dan akan menjadi beban negara. Dengan dasar itulah pemerintah menganggap hal tersebut merupakan potensi yang luar biasa yang dapat dioptimalkan sepenuhnya bagi peningkatan pembangunan Indonesia.

Dengan bonus demografi berarti Indonesia akan mendapati kondisi jumlah angkatan kerja yang melimpah ruah. Angkatan kerja yang berjumlah besar jika dikelola dengan baik tentu akan mendorong kemajuan dan pertumbuhan ekonomi negara. Selanjutnya tinggal bagaimana pemerintah Indonesia mampu menyiapkan angkatan kerja yang berkualitas dan lapangan kerja yang cukup untuk menampung mereka. Bonus demografi menjadi kondisi yang baik bagi suatu negara untuk meningkatkan pendapatan dan standar hidup masyarakat pada posisi yang sejahtera. Selain itu, dengan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan akan bisa mengakhiri kemiskinan yang selama ini masih menjadi masalah utama di Indonesia.

Bonus demografi menjadi pilar peningkatan produktivitas suatu negara dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan SDM produktif. Ketika angka fertilitas menurun, pertumbuhan pendapatan perkapita untuk memenuhi kebutuhan Penduduk usia anak-anak dapat dialihkan untuk peningkatan mutu manusia. Pada saat yang sama, jumlah anak yang sedikit memunculkan peluang perempuan untuk masuk ke pasar kerja yang sekali lagi akan mendongkrak produktivitas. Bonus demografi tidak serta merta menaikkan atau menurunkan kondisi ekonomi. Keuntungan bonus demografi dapat diambil jika pertumbuhan lapangan kerja lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pencari kerja. Disisi lain, bonus demografi Juga dapat menimbulkan permasalahan demografi. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat mengubah Bonus Demografi tadi menjadi sebuah Bencana Demografi. Bagaimana baik dilihat dari sisi kuantitatif maupun kualitatif.

Dari sisi kuantitatif, penduduk Indonesia tidak tersebar secara merata dan banyak terpusat di Pulau Jawa khususnya kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Yogjakarta. Dari sisi kualitatif, ini berkaitan dengan mentalitas, karakter, dan kompetensi penduduk Indonesia itu sendiri. Mentalitas koruptor, menggunjing, tidak patuh, cari jalan pintas dan lainnya masih melekat dalam diri penduduk Indonesia. Jadi, itulah persoalan kompleks yang sedang menghinggapi kependudukan di Indonesia. Masih ada harapan untuk berubah mulai dari diri kita sendiri. Tentunya kita ingin melihat penduduk Indonesia memiliki pola pikir seperti negara maju dan tidak selamanya seperti ini.


Antisipasi bencana demografi

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi bencana demografi ini.

  1. Adanya revolusi karakter penduduk melalui pendidikan yang berkelanjutan dan handal. Ini merupakan tanggung jawab pendidikan Indonesia karena dengan pendidikan lah manusia dapat dibentuk menjadi apa pun.
  2. Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Percepatan pembangunan di luar jawa merupakan hal yang menjadi prioritas agar daerah lain tidak tertinggal jauh dari Jawa.
  3. Program televisi yang mendidik rakyat bukan memberi contoh negatif.  tidak di pungkiri lagi TV merupakan salah satu media pembentuk karakter yang paling cepat saat ini selain internet. 

Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Berikut 7 Ciri  Masa - Masa Remaja 



About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.