Mengenal Minat dan Bakat serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian bakat - Bakat sering kali di interpretasikan secara berbeda-beda, misalnya untuk menggambarkan Kemampuan intelektual yang tinggi, minat yan

Mengenal Minat dan Bakat serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya
Mengenal Minat dan Bakat serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian bakat

Bakat sering kali di interpretasikan secara berbeda-beda, misalnya untuk menggambarkan Kemampuan intelektual yang tinggi, minat yang menonjol, potensi, kemampuan yang diperoleh karena diturunkan dari orang tua, dan sebagainya. Namun, pada dasarnya bakat (aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan Potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus, misalnya kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis, dan sebagainya. Seseorang yang berbakat musik misalnya, dengan latihan yang sama dengan orang lain yang tidak berbakat musik, akan lebih cepat menguasai keterampilan tersebut. Untuk bisa terealisasi, bakat harus ditunjang dengan minat, latihan, pengetahuan, dan pengalaman agar bakat tersebut dapat teraktualisasi dengan baik. Sehubungan dengan cara berfungsinya, ada dua jenis bakat, yaitu:

  1. Kemampuan pada bidang khusus (talent) misalnya bakat musik, melukis, dan sebagainya.
  2. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara úntuk merealisir kemampuan khusus, misalnya bakat melihat ruang (dimensi) dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang teknik arsitek.
Bakat bukanlah sifat tunggal, melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. Bakat muncul atau teraktualisasi bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan. Sehingga mungkin saja terjadi seseorang tidak mengetahui dan tidak mengembangkan bakatnya, namun kemampuannya tersebut merupakan kemampuan yang laten.

Pengertian minat 

John Holland menjelaskan bahwa minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu, di mana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan Bakat

Beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan bakat, yaitu:

1. Diri individu


Diri individu memiliki dorongan yang sangat memengaruhi pengembangan bakat. Misalnya individu tidak berminat untuk mengembangkan bakat yang dimiliki atau kurang termotivasi untuk mencapai prestasi tinggi, atau mungkin pula mempunyai masalah pribadi, sehingga mengalami hambatan dalam pengembangan diri dan berprestasi. 

2. Lingkungan individu nya.


diri individu, lingkungan tempat individu lingkungan juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan bakat. Karena lingkungan tersebut memiliki hubungan yang erat dengan interaksi seorang individu. Misalnya, orang tua kurang mampu menyediakan kesempatan dan sarana pendidikan yang dibutuhkan atau ekonomi cukup tinggi namun kurang memberikan perhatian terhadap pendidikan individu.

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.