Fungsi Dan Manfaat Trombosit Dalam Tubuh

Trombosit adalah sel darah kecil yang berfungsi dalam sistem pembekuan darah. Mereka memiliki bentuk yang agak bulat dan terdapat di dalam darah. Trom


Fungsi dan manfaat Trombosit Serta Cara Meningkatkan Trombosit Dalam Tubuh
Fungsi dan manfaat Trombosit Serta Cara Meningkatkan Trombosit Dalam Tubuh

Sel darah kecil berbentuk agak bulat yang berfungsi dalam sistem pembekuan darah disebut trombosit. Mereka terdapat dalam darah dan memiliki permukaan yang kaya akan protein yang disebut fibrinogen, yang merupakan komponen penting dalam pembekuan darah. Ketika trombosit teraktivasi, mereka mengeluarkan zat-zat yang memicu pembentukan pembekuan darah, dan mereka juga berperan dalam mengeluarkan enzim yang membantu proses pembekuan darah.

Fungsi Utama Trombosit

Fungsi utama trombosit adalah membantu dalam proses pembekuan darah. Ketika luka terjadi, trombosit akan teraktivasi dan mengeluarkan zat-zat yang memicu pembentukan pembekuan darah. Trombosit juga membantu dalam proses inflamasi dengan mengeluarkan zat-zat seperti tromboksan dan histamin.

Manfaat Trombosit

Trombosit memiliki beberapa manfaat penting dalam tubuh, di antaranya:

1. Membantu dalam proses pembekuan darah

Ketika terjadi luka, trombosit teraktivasi dan mengeluarkan zat yang memicu pembentukan pembekuan darah, yang disebabkan oleh permukaannya yang kaya akan protein yang disebut fibrinogen.

2. Membantu dalam proses penyembuhan luka

Selain itu, trombosit mengeluarkan enzim yang membantu proses penyembuhan luka.

3. Membantu dalam proses inflamasi

Trombosit juga mengeluarkan histamin dan tromboksan, yang memicu inflamasi, yang membantu proses inflamasi.

4. Menjaga keseimbangan cairan darah

Dengan mengeluarkan zat-zat yang memperbaiki kebocoran pembuluh darah, trombosit membantu menjaga keseimbangan cairan darah.

5. Membantu dalam proses imunitas

Selain itu, trombosit membantu sistem kekebalan menyerang bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Tingkat trombosit Normal 

Tingkat trombosit normal berkisar antara 150.000 dan 400.000/μl (microliter). Tetapi tingkat trombosit normal dapat bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan faktor lain. Tingkat trombosit di bawah batas normal disebut trombositopenia, sedangkan trombositosis terjadi ketika tingkat trombosit di atas batas normal.

Contoh tingkat trombosit normal berdasarkan usia dan jenis kelamin:
  • Pada anak-anak: 150.000 - 400.000/μl (microliter)
  • Pada pria dewasa: 140.000 - 440.000/μl (microliter) 
  • Pada wanita dewasa: 150.000 - 400.000/μl (microliter)
Namun, perlu diingat bahwa batas normal tingkat trombosit dapat berbeda-beda tergantung pada laboratorium yang digunakan; misalnya, batas normal tingkat trombosit di laboratorium A mungkin berbeda dari batas normal tingkat trombosit di laboratorium B. Oleh karena itu, untuk mengetahui tingkat trombosit normal Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Trombositopenia dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kekurangan zat besi, kegagalan sumsum tulang untuk menghasilkan trombosit, atau penyakit yang menyebabkan pengeluaran trombosit dari darah, seperti leukemia. Penyakit hati yang parah juga dapat menyebabkan trombositopenia.

Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui tingkat trombosit normal Anda dan mengetahui alasan mengapa tingkat trombosit Anda di luar batas normal.

Cara Meningkatkan Trombosit

Tingkat trombosit dalam darah dapat ditingkatkan melalui beberapa metode, yaitu:

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau tua.
  2. Menghindari merokok karena rokok dapat menurunkan tingkat trombosit dalam darah.
  3. Mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan produksi trombosit, seperti obat pengganti sumsum tulang (misalnya, glukokortikoid).
  4. Menjalani terapi transfusi darah atau transfusi trombosit jika diindikasikan.
  5. Mengobati penyakit-penyakit yang dapat menurunkan tingkat trombosit dalam darah, seperti anemia, leukemia, atau penyakit hati yang berat.
Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui metode terbaik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.