cara memperbaiki laptop yang lemot - DYOPS

artikel ini kita akan membahas cara memperbaiki laptop yang lemot untuk kalian yang saat ini kebingungan guna mengatasi hal tersebut.

seringkali kita ketika menjalankan suatu program atau aplikasi di laptop kita terasa sangat lambat atau lemot, tentunya hal itu wajar terjadi karena memang itu menandakan semua hardware berjalan dengan baik. namun tentunya kita juga akan kesal ketika memang laptop yang kita miliki terasa lemot. ketika laptop lemot tentunya kita akan kesulitan dalam membuka suatu aplikasi atau program tertentu di laptop kita bisanya ketika membuka aplikasi terasa lambat dan kita harus menunggu lama untuk agar aplikasi itu berjalan, yah kita tau ketika aplikasi tersebut berjalan juga terasa lemot dan bukan tidak mungkin bisa terjadi crash atau keluar sendiri. setelah mengetahui bahwa laptop kita lemot kita akan mencari tahu bagaimana yah cara memperbaiki laptop lemot seperti ini ? nah kalian tidak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan membahas cara memperbaiki laptop yang lemot untuk kalian yang saat ini kebingungan guna mengatasi hal tersebut.  


cara memperbaiki laptop yang lemot
cara memperbaiki laptop yang lemot



laptop lemot bisa terjadi karena memang kapasitas dari CPU maupun ram digunakan hingga hampir 100% yang mana tentunya dengan kondisi tersebut membuat laptop terasa lambat bahkan sampai seperti berhenti sejenak, oleh karena perihal tersebut membuat user seperti kita merasa tidak nyaman dalam menggunakan laptop tersebut. kemudian hal yang harus diperhatikan dan di cek ketika laptop terasa lemot dan cara memperbaiki laptop yang lemot yakni sebagai berikut ini : 


cara memperbaiki laptop yang lemot


Melihat kapasitas CPU dan Ram di Task Manager


hal pertama yang kamu harus cek adalah ketersediaan kapasitas CPU dan Ram dengan menggunakan task manager caranya sangat mudah dengan mengklik pencarian di bar pencarian windows kalian atau klik tombol logo windows + R pada keyboard lalu ketikan “task manager” kemudian tunggu hingga aplikasi atau program task manager terbuka lalu ketika sudah terbuka nantinya bisa dilihat di aplikasi atau program tersebut ketersediaan ruang atau space dari CPU maupun Ram kalian dan dari situ juga kalian bisa melihat aplikasi atau program apa saja yang memakan banyak sekali Space CPU dan ram. 


tentunya kalian juga harus melihat spesifikasi dari laptop atau pc kalian karena hal fatal yang sering terjadi yakni semisal  menginstall windows 10 pro 64-bit di laptop atau pc dengan kapasitas Ram 2 gb yang mana hal tersebut jelas membuat laptop atau pc kalian lemot  karena memang sistem operasi windows 10 sangatlah kompleks dan membutuhkan space ram maupun CPU yang besar bahkan di website resmi microsoft sendiri dijelaskan minimum spesifikasi laptop atau komputer yang bisa di install windows 10 pro. jika permasalahannya seperti itu maka mau tidak mau kalian harus mengganti sistem operasinya menggunakan windows 10 lite atau windows 7 atau yang lainnya yang sesuai dengan spesifikasi laptop kalian atau mengupgrade ram atau CPU kalian sesuai dengan kapasitas upgrade maksimal laptop atau pc kalian. 


membersihkan atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan


jika memang dari segi spesifikasi laptop atau pc kalian sesuai sistem oprasi, maka hal yang harus diperhatikan adalah melihat seberapa banyak aplikasi atau program pada laptop kalian terutama aplikasi yang berjalan di latar belakang atau meski tidak digunakan tetap memakan space cpu atau ram. tentunya banyak atau tidaknya program aplikasi pada laptop atau pc kalian sangat mempengaruhi performa  laptop atau pc kalian mengingat aplikasi ini menggunakan space ram dan CPU untuk berjalan. 


oleh karenanya penting untuk melakukan razia aplikasi yang tidak digunakan, dengan menghapus aplikasi tersebut bisa mendongkrak performa dari laptop kalian yah menjadi tidak lemot seperti itu. dan perlu di ingat hapuslah aplikasi yang memang tidak berguna jangan aplikasi yang penting seperti aplikasi sistem nanti laptop kalian bukannya tambah kenceng performanya malah banyak masalah chuaks. makanya diteliti terlebih dahulu sebelum menghapus aplikasinya. 


menghapus sampah atau cache pada laptop


menghapus sampah cache sangat penting guna meningkatkan performa laptop kita, dimana sampah ini biasanya terdapat pada aplikasi atau program tertentu dan sampah ini bisa berupa riwayat login browser atau riwayat penggunaan aplikasi tertentu. jika sampah ini di hapus maka akan meningkatkan kecepatan laptop kalian cara penghapusannya juga mudah dengan menekan windows+R lalu ketikan “temp” lalu ok, kemudian klik ctrl+A klik kiri lalu pilih hapus mudah bukan. lalu lakukan lagi  windows+R lalu ketik “%temp%” klik ok lakukan hal yang sama yakni ctrl+A klik kiri lalu hapus. kemudian pergi ke recycle bin lalu hapus semua sampah tadi, dan rasakan peningkatan performa laptop kalian pastinya akan lebih kencang. 


FAQ


Mengapa laptop saya menjadi lambat?


Laptop bisa menjadi lambat karena beberapa faktor, seperti memori RAM yang terbatas, hard disk yang penuh, adanya virus atau malware, driver yang tidak terbaru, program yang terlalu banyak dijalankan, atau efek visual yang berlebihan.

Apa yang harus saya lakukan jika laptop saya menjadi lambat?


Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki laptop yang lemot antara lain menghapus program yang tidak diperlukan, menambah memori RAM, menghapus file sampah, memindai dan menghapus virus atau malware, membersihkan registry dan hard disk, memperbarui driver, menonaktifkan efek visual, mengoptimalkan startup, atau membuat partisi baru pada hard disk.

Bagaimana cara mengetahui program yang tidak diperlukan pada laptop saya?


Untuk mengetahui program yang tidak diperlukan pada laptop, buka menu "Control Panel" dan pilih "Program dan Fitur". Kemudian, pilih program yang jarang digunakan atau tidak diperlukan, lalu klik "Uninstall".

Apakah menambah memori RAM dapat mempercepat kinerja laptop?


tentu saja benar dimana dengan menambah memori RAM dapat mempercepat kinerja laptop karena memungkinkan laptop untuk memproses lebih banyak data secara efisien.

Bagaimana cara memperbarui driver pada laptop?


Ada beberapa cara untuk memperbarui driver pada laptop, seperti mengunjungi situs web produsen laptop dan mengunduh driver terbaru atau menggunakan program pemeriksa driver seperti Driver Booster atau Driver Easy.

demikian cara memperbaiki laptop yang lemot kalian bisa terapkan hal tersebut, namun jika dengan cara di atas tidak mempengaruhi performa laptop kalian, kalian bisa melakukan upgrade CPU atau Ram kalian guna meningkatkan performa laptop kalian, kalian juga bisa menginstall ulang sistem oprasi yang baru yang tentunya ringan sesuai dengan spesifikasi laptop kalian. semoga pembahasan artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawsan kalian serta semoga masalah lemot pada laptop kalian bisa teratasi dan kalian bisa memaikan laptop kalian seperti sedia kala tanpa ada problem lemot.  


Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat dan Menambahkan Akun Google ?



About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.