Fungsi dan Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

DPRD adalah badan yang mewakili rakyat daerah dan ditempatkan sebagai bagian dari badan penyelenggara pemerintahan daerah.

Fungsi dan Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Serta Hubungannya Dengan Pemerintah Daerah

DPRD adalah badan yang mewakili rakyat daerah dan ditempatkan sebagai bagian dari badan penyelenggara pemerintahan daerah.

DPRD memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Hak yang dimiliki DPRD adalah hak menjawab ejaan, angket, dan menyatakan pendapat.

Lambang DPRD
Fungsi dan Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Serta Hubungannya Dengan Pemerintah Daerah


Untuk menjalankan fungsinya, DPRD mempunyai perangkat yang terdiri dari petugas, panitia, panitia pembahasan, panitia anggaran, badan kehormatan dan perlengkapan lain yang diperlukan.

Ketentuan mengenai DPRD sepanjang tidak diatur dalam undang-undang pemerintah daerah berlaku ketentuan undang-undang yang mengatur tentang susunan dan kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD. 

Hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD adalah hubungan kerja sama dan kerja sama yang setara. 

Kedudukan yang sederajat berarti lembaga-lembaga pemerintah daerah berada pada kedudukan yang identik dan sederajat, artinya tidak saling mengawasi.

Hal ini tercermin dari perumusan kebijakan daerah dalam bentuk peraturan daerah. Kemitraan berarti antara pemerintah daerah dengan DPRD sebagai mitra dalam penyusunan kebijakan daerah yang bertujuan untuk mewujudkan otonomi daerah sesuai dengan fungsinya masing-masing sehingga antara kedua instansi tersebut terjalin hubungan yang saling menguatkan. Bukan kompetitor atau kompetitor dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Terimakasih Semoga Bermanfaat dan mendapatkan edukasi !!

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.