Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani yakni oikonomia yang berasal dari kata oikos yang memiliki arti ( Rumah Tangga ) dan nomos yang memiliki arti
Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Menurut Para Ahli 

Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani yakni oikonomia yang berasal dari kata oikos yang memiliki arti ( Rumah Tangga ) dan nomos yang memiliki arti ( aturan, pengelolaan ). jadi oikonomia merupakan aturan yang berlaku guna memenuhi kebutuhan hidup dalam rumah tangga. 

Ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara-cara yang ditempuh oleh masyarakat untuk menggunakan sumber daya yang langka guna memproduksi komoditas atau barang-barang yang bermanfaat serta mendistribusikannya kepada semua orang.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli : 

1. Paul A. Samuelson mengemukakan bahwa ilmu ekonomi merupakan studi yang mempelajari tentang perilaku orang dan masyarakat dalam memilih cara menggunakan sumber daya yang langka dan memiliki beberapa alternative penggunaan, dalam rangka memproduksi berbagai komoditi, untuk kemudian menyalurkannya baik saat ini maupun di masa depan kepada berbagai individu maupun kelompok yang ada dalam satu masyarakat.

2. Case dan Fair menyatakan bahwa ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumberdaya yang langkah yang telah di sediakan oleh alam.

3. Albert L. Meyers ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kehidupan manusia, dimana kata kunci dari definisi ini merupakan kebutuhan atau suatu keperluan manusia terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang sifat dan jenisnya sangat bermacam-macam dalam jumlah yang tidak terbatas.

4. J.L. Meij mengemukakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu tentang usaha manusia kea rah kemakmuran, di mana manusia sebagai mahluk ekonomi (Homo Economicus) pada hakekatnya mengarah kepada pencapaian kemakmuran.

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu social yang mempelajari perilaku individual atau manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dari berbagai alternative yang tersedia dalam mencapai kemakmuran.


Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : Pengertian Jenis Dan Dampak Migrasi  Serta Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.