Berikut 7 Ciri Masa - Masa Remaja

Hurlock (1991) menjelaskan bahwa remaja memiliki arti yang cukup luas, yaitu mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik. Hurlock pun men
Berikut 7 Ciri  Masa - Masa Remaja
Berikut 7 Ciri  Masa - Masa Remaja 


Hurlock (1991) menjelaskan bahwa remaja memiliki arti yang cukup luas, yaitu mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik. Hurlock pun menyebutkan ciri-ciri remaja, yaitu sebagai berikut.

1. Masa remaja sebagai periode yang penting


Masa remaja merupakan periode yang penting karena pada masa remaja terjadi perubahan- perubahan dan akan memberikan dampak langsung pada individu yang bersangkutan serta akan memengaruhi perkembangan selanjutnya.

2. Masa remaja sebagai periode pelatihan


Dalam hal ini berarti terjadi perkembangan yang bukan masa kanak-kanak lagi, tetapi belum dapat dianggap sebagai orang dewasa. Status remaja tidak jelas, keadaan ini memberi waktu padanya untuk mencoba gaya hidup yang'berbeda dan menentukan pola perilaku, nilai, dan sifat yang paling sesuai dengan dirinya.

3. Masa remaja sebagai periode perubahan


Pada masa remaja terjadi banyak perubahan pada setiap indivudu, di antaranya perubahan emosi, perubahan bentuk tubuh, minat dan peran (menjadi orang dewasa yang mandiri), perubahan pada nilai-nilai yang dianut, serta keinginan akan kebebasan.

4. Masa remaja sebagai masa mencari identitas diri


Masa remaja merupakan masa pencarian identitas diri, artinya adanya upaya dari setiap individu untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa peranannya dalam masyarakat.

5. Masa remaja sebagai masa yang menimbulkan ketakutan


Masa remaja disebut sebagai masa yang menimbulkan ketakutan, karena sulit diatur, cenderung berperilaku yang kurang baik. Hal ini yang membuat banyak orang tua menjadi takut.

6. Masa remaja adalah masa yang tidak realistis


Remaja cenderung memandang kehidupan dari kacamata berwarna merah jambu, melihat dirinya sendiri dan orang lain sebagaimana yang diinginkan dan bukan sebagaimana adanya terlebih dalam cita-cita.

7. Masa remaja sebagai masa dewasaa


Remaja mengalami kebingungan atau kesulitan di dalam usaha meninggalkan kebiasaan pada usia sebelumnya dan di dalam memberikan kesan bahwa mereka hampir atau sudah dewasa, yaitu dengan merokok, minum minuman keras, menggunakan obat-obatan, dan terlibat dalam perilaku seks. Mereka menganggap bahwa perilaku ini akan memberikan citra yang mereka inginkan.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan fisik maupun psikis pada diri remaja akan menimbulkan kecenderungan mengalami masalah dalam penyesuaian diri dengan lingkungan. Karena adanya keadaan tersebut diharapkan remaja dapat menjalani tugas perkembangan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Sehingga perkembangannya menuju status dewasa tidak tercemar dengan perilaku yang tidak baik bagi diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar.

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.