Pengertian dan Karakteristik serta Hubungan Antara Nilai, Moral dan Sikap

Pengertian nilai, moral, dan sikap - Nilai, moral, dan sikap memiliki hubungan yang sangat erat. Nilai atau value adalah ukuran (pada diri seseorang)
Pengertian dan Karakteristik serta Hubungan Antara Nilai, Moral dan Sikap
Pengertian dan Karakteristik serta Hubungan Antara Nilai, Moral dan Sikap

Pengertian nilai, moral, dan sikap - Nilai, moral, dan sikap memiliki hubungan yang sangat erat. Nilai atau value adalah ukuran (pada diri seseorang) tentang sesuatu (sikap, kata, situasi, dan lain-lain) yang dapat memengaruhi perilakunya. Nilai selalu mempunyai kaitan dengan norma atau petunjuk petunjuk agar mempunyai hidup serta perilaku yang baik. Norma biasanya tidak tertulis namun berlaku dan disetujui secara umum. Moral merupakan rangkaian nilai tentang berbagai macam perilaku yang harus dipatuhi. Moral merupakan kaidah norma dan pranata yang mengatur perilaku individu dalam hubungannya dengan kelompok sosial dan masyarakat. Moral merupakan standar baik buruk yang ditentukan bagi individu oleh nilai-nilai sosial budaya di mana individu sebagai anggota sosial. Sedangkan sikap adalah predisposisi atau kecenderungan yang relatif stabil dan berlangsung terus-menerus untuk bertingkah laku atau bereaksi dengan suatu cara tertentu terhadap orang lain, objek, lembaga, atau persoalan tertentu.

Karakteristik nilai; moral, dan sikap


Karakteristik remaja yang sangat menonjol berkaitan dengan nilai adalah bahwa remaja sudah sangat merasakan pentingnya tata nilai dan mengembangkan nilai-nilai baru yang sangat diperlukan sebagai pedoman, pegangan, atau petunjuk dalam mencari jalannya sendiri untuk menumbuhkan identitas diri menuju kepribadian yang semakin matang. Pembentukan nilai-nilai baru dilakukan dengan cara identifikasi dan imitasi terhadap tokoh atau model tertentu atau bisa saja berusaha mengembangkannya sendiri.

Keterkaitan antara nilai, moral, dan sikap


Nilai, moral, dan sikap pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Aspek-aspek ini akan berkembang pada diri individu melalui interaksi intern dan ekstern. Bagi individu, nilai digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan atau bertindak sesuatu, Adapun moral merupakan perilaku yang harus dilakukan atau dihindari seorang individu. Sedangkan sikap merupakan respons atau reaksi individu terhadap suatu objek sebagai perwujudan dari sistem nilai dan moral yang ada dalam diri.

Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga :  4 Cara Berfikir atau Pola Pikir Orang Sukses


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.