Faktor Penyebab Daun Tunas Muda Tanaman Menguning dan Cara Mengatasinya

kita sering kali menemui tanaman kesayangan kita mengalami penguningan daun terutama pada tunas muda dan kita tidak atau apa penyebab dari hal tersebu


Faktor Penyebab Daun Tunas Muda Tanaman  Menguning dan Cara Mengatasinya
Faktor Penyebab Daun Tunas Muda Tanaman  Menguning dan Cara Mengatasinya 

Faktor Penyebab Daun Tunas Muda Tanaman  Menguning

kita sering kali menemui tanaman kesayangan kita mengalami penguningan daun terutama pada tunas muda dan kita tidak atau apa penyebab dari hal tersebut. Daun tumbuhan berwarna hijau karena mengandung klorofil. Klorofil menyerap cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia. Klorofil inilah yang memberi warna hijau pada daun, dan tanpanya, daun tanaman akan menguning.

  1. Daun menguning bila tidak mendapat cukup sinar matahari
  2. Daun Tanaman Menguning bisa disebabkan karena kurang air atau terlalu banyak air
  3. Daun Tanaman Menguning juga bisa disebabkan oleh ketidak seimbangan kimiawi di dalam tanah

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh. Jika mereka tidak mendapatkan cukup sinar matahari, mereka akan mulai menguning. Beberapa tanaman memiliki warna pada daunnya yang juga membantu mereka dalam fotosintesis sehingga ketika tanaman mulai menguning, itu berarti tanaman tersebut tidak mendapatkan cukup sinar matahari dan membutuhkan lebih banyak cahaya.

Ada banyak alasan lain mengapa daun tanaman menguning. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan air. Tumbuhan membutuhkan air seperti kita, tetapi mereka membutuhkannya lebih sering daripada kita karena akarnya tidak dapat mencapai tanah sejauh yang dapat dicapai oleh kaki kita. Jika tidak ada cukup air di dalam tanah maka tanaman akan mulai layu dan daunnya akan mulai menguning karena kekurangan nutrisi atau terlalu dingin atau terlalu panas.

Daun tanaman yang menguning dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kekurangan unsur hara, kerusakan air, dan serangan serangga. Nutrisi yang dibutuhkan tanaman diserap dari tanah melalui sistem akarnya. Jika tanah terlalu asam atau mengandung terlalu banyak garam, tidak akan ada unsur hara yang dapat diserap tanaman. Ini dapat menyebabkan daun menguning. Penyebab lain daun menguning adalah kerusakan air. Jika tanaman tidak cukup disiram atau jika terlalu banyak disiram, mereka mungkin mulai menguning akibat kekurangan oksigen. Penyebab potensial ketiga dari daun menguning adalah serangan serangga. Kutu daun, misalnya, menyedot cairan dari tanaman dan mengeluarkan zat lengket yang disebut melon yang dapat melapisi permukaan daun dan membuatnya berwarna kuning atau cokelat.


Terimakasih Semoga bermanfaat !!


Baca Juga : konflik dan perubahan sosial pengertian jenis dan penyebab terjadinya

About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.