Pengertian Lapisan Tanah atau Horizon Tanah Beserta Tingkatannya dan Penjelasannya

berikut merupakan lapisan - lapisan tanah atau Horizon tanah berserta penjelasannya dari Horizon O sampai dengan Horizon R

Lapisan Tanah
Lapisan Tanah 

Tanah merupakan mineral yang tidak terkonsolidasi pada permukaan bumi yang berfungsi sebagai media alami bagi pertumbuhan flora dan fauna di darat. Tanah juga memiliki lapisan - lapisan atau Horizon.

Lapisan-lapisan tanah

Lapisan-lapisan tanah disebut juga horizon tanah. Horizon tanah dibedakan seperti berikut

  1. Horizon O

Horizon ini terdiri atas berbagai material organik seperti sisa dedaunan serta jasad tumbuhan dan hewan. Lapisan itu terdapat di permukaan tanah paling atas, tetapi dapat pula terkubur

  1. Horizon A

Horizon A terdiri atas tropis atau lapisan tanah atas, yaitu materi organik berwarna gelap bercampur dengan butiran mineral akibat aktivitas organisme. Partikel halus yang mudah larut akan terbawa ke bawah akibat pencucian dan perpindahan butiran liat

  1. Horizon E

Horizon E terdiri atas lapisan bawah permukaan yang telah kehilangan sebagian besar kandungan mineralnya. Lapisan ini sening melekat pada horizon A atau menggantikan lapisan tersebut.

  1. Horizon B

Pada lapisan ini, partikel dan liat yang tercuci dari horizon E terakumulasi. Hanya terdapat sedikit materi organik pada lapisan ini.

  1. Horizon C

Horizon ini merupakan lapisan tanah terbawah yang terdiri atas bahan induk tanah, seperti batuan dasar yang melapuk atau sedimen yang belum memadat.

  1. Horizon D dan R

Horizon ini merupakan dasar tanah  yang terdiri dari batuan yang sangat pejal dan belum mengalami pelapukan. 


Terimakasih Semoga Bermanfaat !!


Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah


About the Author

Rudi Kilam merupakan seorang terpelajar yang mempunyai keinginan dan memiliki minat menulis sebuah artikel terkait dengan pengetahuan umum.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.